Adu Fitur Vario Injeksi Vs Xeon RC
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
SCOOTER EXPERTZ
11
Jan
2013

Adu Fitur Vario Injeksi Vs Xeon RC

  11161   0

Jakarta, ME. Akhirnya muncul satu lagi nih motor matik injeksi di kelas 125 cc, yaitu Xeon RC. Eits, namanya emang sama-sama Xeon, tapi Xeon generasi terbaru ini jauh beda sama yang lama. Kali ini, Yamaha Xeon RC boleh deh diadu sama saingannya, yaitu Honda Vario Techno 125 PGM-FI.. Bukan soal performa atau tenaganya, lo. Tapi fiturnya!.

****

Kenapa boleh diadu? Ya, selain emang kapasitas mesinnya yang sama, kedua skutik ini juga udah menganut sistem injeksi bradsis. Kalo Vartech punya PGM-FI dari Honda, Xeon RC punya YMJET-FI dari Yamaha. Keduanya mengaku sama-sama irit bradsis. Tapi iritnya segimana, perlu pembuktian bradsis. Sayangnya, Xeon RC yang baru keluar ini belum bisa dibuktiin seberapa besar iritnya dibanding Vartech.

Ngomongin irit sih rada susah, tergantung cara bawa brader n sista sendiri-sendiri. Kalo doyan kebut-kebutan, ya wajar kalo boros. Mending kita adu fiturnya aja yuk. Kayaknya Yamaha lewat Xeon RC ini bener-bener siap ngadu sama kompetitornya. Mereka nyebut Xeon RC ini sebagai skutik premium mereka di kelas 125 cc nih bradsis.

Pertama lirik desainnya dulu yuk. Kalo desainnya sih, mungkin tiap orang punya selera yang berbeda-beda. Nah, kedua skutik ini sama-sama punya desain yang futuristik bradsis. Keduanya juga sama-sama terlihat agresif. Lampu depannya juga gak jauh beda, sama-sama nempel di bodi dan nyatu juga sama lampu sein. Keduanya juga udah pake Automatic Headlight On (AHO), langsung nyala begitu mesin dihidupin.

Baik Vartech atau pun Xeon RC, sama-sama punya fitur keamanan yang canggih nih bradsis. Keduanya udah sama-sama pake Magnetic Key Shutter, biar maling gak gampang nyolong. Udah gitu, kunci kontaknya juga terintegrasi dengan jok. Jadi, kalo mau buka jok gak perlu repot-repot nyolokin kunci ke bawah jok. Dari kunci kontak udah bisa langsung buka jok.

Begitu jok kebuka, langsung keliatan bagasinya nih bradsis. Nah, sekarang baru keliatan nih bedanya. Bagasi Vartech ternyata luas banget bradsis. Kapasitasnya 18 liter, bisa muat helm full face di dalemnya. Sedangkan bagasi Xeon RC kapasitasnya cuma 13 liter, maksimal cuma bisa nampung helm half face aja.

Sekarang fitur keselamatannya nih. Kalo yang ini, keduanya boleh diadu bradsis. Vartech punya fitur keselamatan yang namanya Parking Brake Lock dan Side Stand Switch. Parking Brake Lock berguna untuk mengunci rem belakang, berguna kalo lagi macet di tanjakan, atau saat parkir. Sedangkan Side Stand Switch, mesin bakalan mati otomatis saat posisi standar samping diturunin dalam keadaan mesin yang nyala

Nah, si Xeon RC juga gak kalah bradsis. Doi juga punya lho, namanya Smart Lock System dan Smart Side Stand Switch. Kegunaannya sama aja bradsis, tapi Yamaha punya alesan kenapa dikasih embel-embel Smart nih. Untuk Smart Lock System, fitur ini bisa diaktifin cukup dengan satu tangan doang bradsis, beda sama Vartech yang mesti pake dua tangan. Tinggal tarik tuas rem, terus pencet deh tombolnya, praktis banget. Sedangkan Smart Side Stand Switch, bedanya dengan yang ada di Vartech adalah Xeon RC bakal ngasih tau lewat lampu indikator yang kedip-kedip saat standar sampingnya diturunin, ngasih tau kalo kunci kontaknya masih posisi on.

Kalo ditinjau bagian mesinnya sih, keduanya udah pake roller tipe rocker arm bradsis. Roller kayak gini yang bisa ngurangin gesekan pada mesin, makanya bensin bisa lebih irit. Ngomongin soal bensin, kapasitas tangki bensin Vartech jauh lebih banyak, mencapai 5,5 liter. Xeon RC aja cuma mencapai 3,8 liter doang bradsis.

Nah, itu tadi udah ME banding-bandingin sekilas antara Honda Vario Techno 125 PGM-FI dengan Yamaha Xeon RC. Skutik mana yang bagus, itu balik lagi ke penilaian bradsis sendiri. Semoga hasil komparasi ME tadi membantu.

Data Spesifikasi Xeon RC VS Vario Techno 125 PGM-FI:
PxLxT
1.855 x 700 x 1.070 mm VS 1.918 x 689 x 1.103 mm
Jarak sumbu roda
1.265 mm VS 1.281 mm
Jarak terendah ke tanah
135 mm VS 128 mm
Berat
101 kg (isi) VS 112 kg (kosong)
Kapasitas tangki bensin
3,8 liter VS 5,5 liter
Kapasitas bagasi
13 liter VS 18 liter
Perbandingan kompresi
10,94 :1 VS 11,0 : 1
Daya maksimum
11,4 PS / 9.000 rpm VS 11.3 PS / 8.500 rpm
Torsi maksimum
10,4 Nm / 6.500 rpm VS 1.1 kgf.m / 5.000 rpm
Sistem bahan bakar
Fuel Injection System (YMJET-FI) VS Fuel Injection System (PGM-FI)
Ban depan
70/90-14M/C 34P VS 80/90-14M/C 40P
Ban belakang
90/80-14M/C 49P VS 90/90-14M/C 46P

Teks & foto: Donny (donny@motorexpertz.com), Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  394 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !