Spesifikasi GP13
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-SPORT
28
Jan
2013

Spesifikasi GP13

  6626   0

Trentino, ME. Tim pabrikan yang paling duluan tampil di depan publik dengan livery baru mereka adalah Ducati nih bradsis. Tim yang ditinggalin Valentino Rossi ini diisi oleh Andrea Dovizioso. Gak cuma ngasih liat livery doang, tapi mereka juga ngasih tau spesifikasi GP13. Apa hebatnya?

****

Di ajang balap internasional MotoGP ini, tim Ducati pake motor jagoan mereka, yaitu Desmosedici GP13. Angka di belakangnya sih berubah-berubah sesuai musim yang lagi dijalanin. Karena selain angka yang berubah, spesifikasi motor ini juga terus berubah alias berkembang bradsis.

Spesifikasi GP13 ini gak jauh beda dengan motor sebelumnya, yaitu Desmosedici GP12. Motor ini tetep memboyong mesin berkapasitas 1.000 cc berpendingin cairan dengan desain mesinnya yang khas, yaitu mesin V4 90 derajat 4-tak. Mesin desmodromic DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan 4 katup di tiap silindernya. Ducati sendiri mengklaim motor mereka mampu menghasilkan tenaga lebih dari 235 hp.

Untuk saat ini, mereka juga baru bisa bilang top speed yang mampu mereka capai melebihi 330 km/jam, gak dikasih tau berapa pastinya. Kebayang gak tuh, gimana kencengnya. Kecepatan maksimalnya sama kayak motor tahun lalu, tapi sayangnya GP13 ini lebih berat bradsis, bobot keringnya 160 kg.

Rangkanya sendiri masih pake twin-spar aluminium yang udah dikembangin dua tahun kemaren bareng Rossi juga. Urusan suspensi yang sempet nyusahin Rossi ini ngandelin suspensi Ohlins yang pake sistem new factory evolution damping.

Ban Bridgestone Battlax 16,5 inci di bagian depan dan belakang selalu terpasang di GP13. Peranti rem, GP13 ngandelin Brembo dengan double disc karbon berukuran 320 mm untuk depan dan disc stainless steel untuk bagian belakang.

Sistem bahan bakarnya pake elektronik injeksi Magneti Marelli, dengan sistem New EVO 2 TCF (Throttle Control & Feedback). Sedangkan bahan bakarnya, tangki bensin Desmosedici GP13 ini diisi pake Shell Racing V-Power dan oli mesinnya juga pake Shell bradsis, yaitu Shell Advance Ultra 4. Urusan pengapian diserahin ke busi Magneti Marelli dan knalpotnya selalu ngandelin Termignoni.

Itu dia spesifikasi GP13 bradsis. Soal harganya berapa, gak usah ditanya deh. Wong ini motor balap kok, gak buat dijual. Maap, cari motor lain aja yaa.

Teks: Donny (donny@motorexpertz.com), Foto: Courtesy motorcycle, Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  394 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !