Sejarah Keluarga Z-series
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
01
Feb
2013

Sejarah Keluarga Z-series

  9333   0

Jakarta, ME. Dari pertama kalinya Kawasaki ngeluarin motor bertipe Z, yaitu Z1 pada tahun 1972, motor ini jadi titik tolak kesuksesan Kawasaki untuk motor bertipe Z. Dari tahun 1972 sampe tahun 2013 ini, udah ada sembilan motor yang menakjubkan bradsis. Berikut sejarah keluarga Z-series..

Kawasaki Z1 (1972)
Motor yang pertama keluar adalah Kawasaki Z1 (1972). Motor ini jadi kakek moyang di dalem sejarah keluarga Z-series. Huruf Z dipilih karena ini melambangkan sesuatu yang paling ekstrem, sedangkan nomor 1 berarti nomor satu di dunia. Z1 juga jadi motor sport pertama di dunia bermesin DOHC, 4-silinder, yang diproduksi secara massal.

Mesinnya yang berkapasitas 903 cc bikin motor ini jadi yang paling kencang di masanya. Gak cuma jadi yang paling kencang doang, kehandalan dan daya tahan Z1 juga jadi yang paling hebat bradsis. Motor ini juga terjual banyak di Amerika dan Eropa. Gak cuma sukses di jalan, di sirkuit pun motor ini meraih sukses. Ini awal sejarah keluaga Z-series.

Kawasaki Z1-R (1977)
Berkembang lagi ke model selanjutnya, yaitu Kawasaki Z1-R (1977). Di tahun 70-an waktu itu lagi rame-ramenya cafe racer bradsis, sama kayak di sini sekarang nih, makanya Kawasaki ngeluarin Z1 versi cafe racer. Z1-R didesain di Amerika, dimana Amerika yang jadi target utama Z-Series waktu itu. Paduan tangki bensin yang slim dan mesin yang gede bikin aura balap makin kerasa. Z1-R juga jadi motor sport pertama di dunia yang pake pelek aluminium. Knalpotnya gak lagi ada empat bradsis, tapi dari 4 cabang itu dijadiin satu knalpot.

Kawasaki Z1300 (1978)
Setelah itu, Z-series berkembang lagi jadi motor Kawasaki Z1300 (1978). Z1300 jadi motor dengan kapasitas mesin paling gede waktu itu, yaitu 1.268 cc dengan 6-silinder. Kawasaki bener-bener ngebanggain motor ini karena sasis dan komponen eksteriornya yang dibuat dari kualitas dan performa tertinggi. Z1300 punya tenaga yang dahsyat, bahkan motor ini sampe dilarang keluar di Jerman Barat gara-gara regulasi yang berlaku di masa itu.

Kawasaki Z1100GP (1981)
Di tahun 80-an, Kawasaki tetep ngeluarin Z-series, yaitu Kawasaki Z1100GP (1981).  Ini adalah generasi kedua di dalem sejarah keluarga Z-series bradsis. Motor ini jadi yang pertama di dunia yang pake sistem injeksi, yaitu Kawasaki Electronic Fuel Injection (KEFI). Teknologi ini cuma dipegang Kawasaki doang untuk motor produksi. Brader n sista pasti udah pada tau kan, sistem injeksi lebih irit konsumsi bahan bakar dibanding pake karburator. Meskipun irit bahan bakar, tapi motor ini tetep menghasilkan tenaga lebih.

Kawasaki Z1000R (1982)
Di Amerika Utara masa itu, balapan lagi berkembang banget bradsis. Superbike lebih disukain daripada World GP. Nah, di tahun 1981, Eddie Lawson jadi juara dunia dengan motor Kawasaki Z1000S versi pabrikan. Untuk ngerayainnya, Kawasaki ngeluarin Z1000R, lengkap juga dengan model Eddie Lawson Replica. Model ini jadi yang paling populer di seluruh dunia.

Kawasaki Z1000 (2003)
Berhenti di tahun 90-an, keluarga Z-series mulai produksi lagi di tahun 2000-an dengan ngeluarin Kawasaki Z1000 (2003). Sesuai perkembangan zaman, desainnya pun juga berubah bradsis. Motor ini pake mesin berpendingin cairan, 4-silinder, berkapasitas 953cc. Knalpotnya ngingetin lagi sama kakek moyang Z-series, yaitu Z1. Desainnya yang agresif dan bagian belakang yang seksi ini bikin Kawasaki nyiptain model baru, yang mereka sebut Super-Naked.

Kawasaki Z1000 (2007)
Motor ini jadi pengembangan Z1000 sebelumnya yang udah dapet sambutan hangat di Eropa bradsis. Z1000 generasi kedua ini dapet upgrade di bagian sasis, intake, knalpot, kaliper rem depan, dan juga bagian cakramnya bradsis. Selain itu, Kawasaki juga nawarin versi ABS untuk motor ini. Tampilannya sedikit berubah, jadi lebih kekar karena ada tambahan pelindung radiator.

Kawasaki Z1000 (2010)
Untuk ngebawa konsep Super-Naked makin jauh kedepan, Kawasaki ngeluarin lagi Z1000 generasi ketiga. Motor yang satu ini super keren bradsis, tampilannya juga bengis banget. Untuk ngembangin motor ini, Kawasaki ulang lagi semuanya dari awal, gak berdasarkan motor superbike mereka sebelumnya. Mereka ngedesain ulang mesin berkapasitas 1.043cc. Selain itu, rangkanya juga baru, yaitu aluminium twin-tube yang ngasih respon handling yang lebih baik dan lebih enteng juga. Desain keseluruhannya bikin motor ini makin lebih agresif di sepanjang sejarah keluarga Z-series.

Kawasaki Z250 (2013)
Ini dia anggota baru keluarga Z-series yang paling bungsu bradsis. Motor ini diproduksi Kawasaki untuk ngerayain 40 tahunnya Z-series. Sebagai tempat peluncurannya, Indonesia yang dapet kehormatannya bradsis. Kelas 250 di Indonesia emang rame banget. Brader n sista mesti bangga nih, Indonesia juga dijadiian acuan perkembangan motor dunia. Buktinya, Kawasaki ngeluncurin motor ini pertama kali di sini lho.

Meskipun kapasitas mesin turun drastis jadi 250cc, tapi buat ME itu gak masalah. Karena kalo kapasitas mesin ditambah, motor ini jadi barang mahal nantinya. Kalo mahal, brader n sista pecinta Kawasaki jadi cuma sedikit yang bisa ngerasain hebatnya Z-series.

Dari segi desain, Kawasaki gak pernah ngecewain bradsis. Dari segi dapur pacunya, Z250 pake mesin yang sama dengan Ninja 250 injeksi. Selama motor itu keluar, kayaknya belum ada keluhan juga tuh dari brader n sista mengenai mesinnya.

Teks & foto: Donny (donny@motorexpertz.com), Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  343 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !