Launching Honda Oei Racing Team 2013
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-SPORT
09
Mar
2013

Launching Honda Oei Racing Team 2013

  8301   0

Jakarta, ME. Demi memenuhi target balap, sederet inovasi dilakukan oleh Akiang Tuner dan Honda Oei Racing Team. Sementara riset injection akan rampung pertengahan tahun ini, setingan dengan karburator fokus kejar torsi tinggi.

****

Formasi baru dari Tim balap Honda Oei Racing Team untuk 2013 ini diwarnai dengan nuansa ijo-ijo, di bawah manager tim balap Meilan yang dulunya juga seorang racer yang sempat mengibarkan bendera AHRS pada jamannya bersama M. Fadli. Honda Oei Racing Team ini diujungtombaki oleh dua pembalap yang punya karakter balap yang berbeda, M. Nurgianto dan Renaldi P.

“ Balap tahun ini kita masih pakai teknologi karburator, sebab sekarang ini kita masih riset untuk aplikasi injection, mungkin pertengahan tahun sudah kelar,” tutur Akiang sang tuner yang bermarkas di Jalan Dewi Sartika, Ciputat.

“Untuk musim balap tahun ini kita persiapkan turun di Indoprix, Kejurnas 250 cc dan HRC, pastinya dengan target raih prestasi tertinggi lah,” yakin Akiang yang menyisipkan “Oei” nama Marga-nya di nama tim balapnya.

Walau masih adopsi karburator, inovasi lain pada teknologi mesinnya tetap berlanjut, dengan setting silinder head memakai FlowBench sehingga didapat tekanan yang diinginkan.  “Tahun ini gue lebih fokus lagi ke setingan porting dan noken as, HP mungkin enggak banyak berubah, karena gue lebih nguber Torque dan Torque ini lebih banyak meningkat,” ungkap Akiang yang dulunya juga seorang pembalap.  “Gue nguber Torque sebenarnya lebih karena kepada gaya balap dari pembalapnya juga, selain itu juga lihat sirkuitnya, Binuang ada tanjakannya, Kenjeran lebih sering pakai gigi 3 dan 4, jadi itu menuntut  Torque yang gede,”

Ada yang masih bingung antara Power (HP) dengan Torque (Nm), ringkasnya begini nih Bradsis, kalau HP lebih gede dari Nm berarti motor itu nguber Top Speed, tapi kalo Nm lebih gede dari HP motor itu nguber Akselerasi, kesimpulannya Horse Power (HP) nguber Top Speed dan Torque(Nm) nguber akselerasi. Jadi sangat beralasan kalau Akiang fokus pada Torsi dibanding dengan Horse Power, karena melihat karakter sirkuit dan karakter pembalapnya.

Brada,, nih salah satu trik untuk dapatkan torsi secara maksimal dengan setting pengapian lebih mundur atau deket dengan TMA (Titik Mati Atas) dengan demikian langkah kompresi makin turun akibatnya torsi makin naik.  

Wokehhh brada semoga semakin sukses musim balap 2013 ini, dan motornya semakin cadasssss….

Teks: well (welly@motorexpertz.com)  Foto: Istimewa, join us on fanpage & twitter @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  343 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !