Yamaha X-Ride Piawai Taklukkan Track X-Treme
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TEST
29
Mar
2013

Yamaha X-Ride Piawai Taklukkan Track X-Treme

  12767   0

Merapi, ME. Matik yang beda untuk jiwa yang beda, maksud loehhh..? Ya Yamaha X-Ride emang ditujukan kepada konsumen tertentu yang pengen motor beda, laen dari yang laen dan X-Ride bisa mewakilinya. Cukup punya nyali gak bradsis, buat menaklukkan?

*****

Saat pertama ngelihat motor matik yang sudah enggak lazim ini alias yang modelnya enggak pasaran, di hati sudah enggak sabar pengen cepet-cepet nyemplak tuh motor. Kesempatan terpuaskan saat ada undangan dari Yamaha Indonesia untuk ikut Launching dan Test Ride langsung di Lereng Merapi, dan hasilnya Exciting, penasaran ikutin aja nih Brada n' Sista.

Pastinya safety gear sudah disediakan semua oleh Yamaha Indonesia, jam 7 pagi kita start dari The Cangkringan Villas yang terletak di kaki Merapi. Crew ME dapet X-Ride yang sudah menggunakan ban pacul tapi mesin masih std. Ground Clearance (GC) yang dibilang lebih tinggi dari matik lainnya sekitar 2,2 cm jangan bikin asumsi kalo motor ini jadi jangkung maksudnya rider bakalan njinjit alias kakinya gantung, ternyata....! Saat nyemplak X-Ride Rider dengan tinggi badan 172 sangat nyaman menapak di aspal, bahkan di sebelah Crew ME, rider berpostur 165 juga dia katakan masih enak ya duduknya dan kaki enggak gantung. Setingan jok yang berbahan khusus enggak bikin licin jadinya bokong enggak melorot ini, bentuknya sudah dikondisikan dengan GC motor, so hasil akhir rider ngga gantung kakinya walau GC motor sudah lebih tinggi. 

Penyebab dari GC yang lebih tinggi karena shockbreker yang diaplikasi juga lebih tinggi dari sebelumnya dan typenya twin tube, diameter shock-nya juga lebih besar.

Keluar dari The Cangkringan rombongan masih melintasi jalan aspal sekitar 1 km lanjut masuk jalan berbatu, kecepatan motor 20-40 kpj karena di depan dikawal oleh Jeep, di sini sensasi X-Ride Belom terasa. Tibalah di Pos 1, kita coffee break lanjut dengan pengambilan gambar untuk Yamaha Indonesia,   

dengan setang yang lebih lebar dari matik lainnya bikin X-Ride ini ringan dan mudah dikendalikan, ringannya handling karena setang lebih lebar, ringannya mesin karena roller yang diaplikasi lebih ringan 2 gram dari std-nya otomatis tenaga diputaran bawah (akselerasi) lebih cepat tergapai. So hanya X-Ride yang bisa gini.

Puncak dari test ride X-Ride ini di Lereng Gendol dan sebelum sampai ke tempat Puncak acara di lembah kali Gendol, rombongan lakukan CSR dengan penanaman 1.000 pohon Sengon ini juga dalam rangka turut sukseskan program Pemerintah Go Green.

Sekilas tentang Lembah Kali Gendol ini yang merupakan tempat terkumpulnya Volume material Gunung Merapi saat Erupsi lalu, total ada sekitar 6 juta meter kubik dari total 8,7 juta kubik muntahan Merapi. So,.. tempatnya menjadi sangat eksotis sekali cucok buat test ride X-Ride yang Exciting.

Track bumpy yang keriting dengan hamburan kerikil serta batu-batu enteng dilahap X-Ride, setelah puas aktivitas di Lembah kali Gendol rombongan kembali ke Hotel di The Cangkringan Villas dan mampir dulu di Museum Merapi, melihat sisa-sisa ganasnya hembusan Wedus Gembel Merapi yang banyak menelan korban.

X-Ride yang ditest memang campuran, ada yang benar-benar standart dan ada juga yang sudah modifikasi, pihak Yamaha Indonesia juga memang menyiapkan 2 motor modifikasi, Spesial Edition (Rp 15 juta) dan Adventure Edition  (16,585 juta) dari yang std (Rp 14,4 juta).

Mau coba bradsis?

Teks & Foto  : well (welly@motorexpertz.com) join us on fanpage & twitter @MotorExpertz, PIN BB : 24B2AFEE  

  635 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !