Spin Pakai Karbu FU, Tarikan Jozzz?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
SCOOTER EXPERTZ
25
Mei
2013

Spin Pakai Karbu FU, Tarikan Jozzz?

  9628   0

Noh, keduanya hampir mirip kan?

JAKARTA, ME. Bradsis.. ME denger nih, kabarnya Suzuki Spin kalo pake karburator Satria FU makin jozz. Selain di bawahnya galak, di atas juga nendang. Bujuggg.. ini karburator apa jawara? Hehehe.. Yah, pokoknya banyak dah, motorexpertiz yang pada pakai pengabut ‘bebek super’ itu. “Gue sih, ngerasa lebih ngisi aja tenaganya!” aku Yogi yang pake Spin keluaran 2007. Gimana menurut yang laen?

*************************

Bentuk Sama, Ukuran Beda

Ini harus disesuaikan yah, biar pasGak aneh sih, kalo karbunya FU dipasangin di Spin. Selain emang satu pabrikan, bebek berkapasitas 150 cc itu emang diakuin punya tenaga yang mantep banget. Selain itu, setelah dilihat-lihat, karbu kedua motor itu emang sama. Yakni sama-sama tipe vakum dan lobang venturinya juga 26 mm,”  kata brader Rudi  yang jadi kuncennya Ruds Motor.

Hanya saja, menurut mekanik berpengalaman puluhan tahun ini, diameter skep dan diameter bagian dalam venturi, serta spuyer yang beda.   “Karena kapasitas FU 150 cc, justru lebih besar ukurannya dibanding Spin!” sambung pria berbadan atletis ini sembari bilang, dengan ukuran lebih besar itu, memicu proses pembakaran jadi lebih sempurna. “Kan pasokan bahan bakar dan udara lebih maksimal!” tambah pria yang buka bengkel di kawasan Kebon Jeruk III, Jakarta Kota.

Diameter venturi yang berbedaMeski begitu, kata mekanik yang pernah ikutan tim balap di era 2000-an ini bilang, untuk memasang karbu FU di Spin ada beberapa hal perlu diperhatikan. Misal, baut penyetel kabel karburator milik FU harus dipendekin, kira-kira 2 drat, lah. Kabel gasnya juga harus disesuaikan, dipenggal sekitar 3,5 cm. “Jadi, biar pas antara kabel gas dengan karburator, enggak kepanjangan!” ucap lelaki ramah ini.

 

Ini skep bentuknya juga sama, hanya beda panjangSeting dulu biar pas

Penasaran, ME pun meminta bantuan Rudi untuk meminjamkan motor milik konsumennya yang sudah dipasangin karburator FU. Lalu, tim tester ME memintanya untuk ngetes. Syukurnya dengan senang hati, Yogi ngasih pinjaman. Motor itu diukur dengan alat dyno untuk mengetahui, seberapa pengaruhnya perubahan yang terjadi. Baik power dan torsinya.

Lalu, apa yang terjadi? Ternyata benar, karbu FU memang mampu mengoreksi dua poin yang diukur tadi. Baik tenaga dan torsi berubah lebih meningkat. Apalagi setelah spuyernya juga diganti yang lebih kecil. Yakni, main jetnya ukuran 95 agar pasokan bensin tidak terlalu kaya.  

------------------------------------------------------------------------------------------

Spuyer Spin: 97,5 (Main jet) dan 15 (pilot jet)

Spuyer FU  : 110 (main jet) dan 12,5 (pilot jet)

Venturi luar: 26 mm (Spin) dan 26 mm (FU)          

Venturi dalam: 21,5 mm (Spin) dan 24,5 mm (FU)

Skep: 21,5  (Spin) dan 24,5 (FU)

--------------------------------------------------------------------------------------------

Hasil Pengujian

Tenaga: 7,16 dk/6.400 rpm (Karbu Standar Spin) jadi 7,65 dk/6.500 rpm (Karbu FU)

Torsi: 7,81 Nm/6.400 rpm  (Karbu Standar Spin) jadi 8,35 Nm/6.500 rpm (Karbu FU)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Teks dan Foto: Antono, Editor: Fajar (redaksi@motorexpertz.com), Join us on fanpage & twitter: @motorexpertz, Pin BB: 24B2AFEE

  321 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !