The First Impression Yamaha Force, 'Good Torsi Low RPM'
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TEST
16
Jun
2013

The First Impression Yamaha Force, 'Good Torsi Low RPM'

  18214   0

The Forst Impression Yamaha Force 115cc Fi

JAKARTA, ME. Force jangan dikomparasi dengan Vega RR, pastinya beda banget, karena beda Trah. Vega RR itu Trah keluarga-nya Vega ZR dan New Jupiter Z 2010, sedangkan Force itu Trah keluarganya Jupiter-Z1 2012.

*****

Memang pada saat launching Yamaha Force di Segara Ancol 12 Juni 2013 lalu disinggung kalau Yamaha Force ini diambil dari kehandalan Vega Series. Ya tapi ingat hanya terinspirasi saja dari Vega Series, kalau bicara performance-nya pastinya beda banget, lha wong basic mesinnya aja sudah beda. Force benar-benar mengandalkan mesin baru yang sama basicnya dengan Yamaha Jupiter-Z1.

Nah Motorexpertz.com (ME) pada kesempatan lalu sempat merasakan kehandalan dari Force ini, dengan menjadi rider bersama boncenger dan solo rider dengan route Ancol-Kemayoran-PRJ (11km). Route 1 Ancol - Kemayoran (Yayasan Makna Bhakti) Motorexpertz.com menjadi boncenger dan torsi Force sudah mulai terasa walau masih menjadi boncenger. Route 2, Yayasan Makna Bhakti – PRJ, ME (70kg) menjadi rider dan memboncengi Kang Taufik dari TMCBlog.com (57Kg) jadi total beban Force 127 Kg.

Test Ride Yamaha Force 115cc Fi

Kesan pertama ME saat betot gas dengan beban boncenger, nyaris motor ini ngga terasa kalau sedang berboncengan, bisa gitu ya..? Force tetap terasa ringan seperti kita riding sendirian, padahal sedang bawa boncenger, sebabnya bisa gitu,, ehh ngga taunya setang lebih tinggi 3cm dari generasi Vega RR sebelumnya dan lebarnya juga lebih besar 1cm, so otomatis handling jadi terasa lebih hampang (ringan). Posisi duduk juga jadi nyaman karena, letak footstep terasa lebih maju jadi lutut ngga terlalu ketekuk yang bikin cepet pegel kalau sedang riding, nah di Force tapak kaki lebih rileks jadi seperti kita sedang naik motor matik yang kaki kita santai di dek matik. Di Force diperkenalkan dengan Handal Reliable (New riding position).

Force lebih difokuskan untuk ngejar Torsi dan ini terbukti saat melintasi jembatan layang Kemayoran dengan posisi menanjak dan beban 127 Kg, Force tetap sigap merespon saat throttle dibuka dadakan maupun diurut, tanpa ada suara knocking(ngelitik) tapi malahan mesin dengan normalnya bekerja. Padahal,,, speed motor saat itu kisaran 20 Kpj dan posisi di gigi 2 dan boncengan lagi..! makanya ME kasih judul di sini Good Torsi Low Rpm,,, terbukti dah…

Kelanjutan dari tanjakan di jembatan layang Kemayoran tadi, ME sempet lakukan deselerasi untuk oper ke gigi 1 dan ingat ini dengan beban 127 Kg loch, Force di bejeg abis full throttle posisi gigi 1 dan jalan menanjak, hasilnya terekam dengan kamera Kang Taufik yang ME Boncengin di speed 50 Kpj, lanjottt oper ke gigi 2 speed sampai 70 Kpj lebih dikit, itu speed di gigi 1 dan 2 dah mentok karena limiter Force mulai bekerja. Nah untuk gigi 3 dan 4, ME belom sempat jajal karena keterbatasan situasi dan kondisi, mungkin next aja ya kalau ada kesempatan, sekalian pengen tau konsumsi bahan bakar real-nya berapa kan Yamaha nge-claim 21 persen lebih irit dari Vega RR.

Perlu dicatat Force emang bukan untuk motor Speed karena sudah ada Jupiter-Z1 yang untuk speed, tapi pengujian di sini hanya untuk ngetest Torsinya dan dengan beban sebarat 127 Kg tetap enteng mesinnya merespon tanpa ada rasa tersendat sedikitpun, bearti Force terbukti di research & Development untuk nguber Torsi.

Torsi Gede ini memang dilihat kebutuhan para pengendara dengan Traffic Jump yang sekarang ini bikin cekot-cekot kepala bisa sedikit terobati, karena Force bakalan lincah, zigzag, Stop & Go di tengah kemacetan. Sistem perangkat ciettt khas Yamaha yang sangat puakem buat pengendaranya, so ngga udah kuatir nih motor bakal nyelonong saat lakukan Hard brake.

Salah satu sebab Force bisa seperti itu selain basic mesinnya baru dan karena force sudah aplikasi sistem Fuel Injection. “ Fuel Injection itu suatu kebutuhan, apalagi bensin mau akan naik, Force ini lebih irit 21 Persen dari Vega dan torsinya juga lebih besar 12 Persen. Kita ingat Yamaha Force-1 (2-Tak) pada jamannya menjadi raja 2-Tak, dan Yamaha Force Fi kali ini juga kita harapkan Booming baru lagi untuk bebek Yamaha, jadi jualannya bisa terbesar untuk bebek Yamaha,” ungkap Dyonisius Bety, Executive Vice President Yamaha Indonesia.   Bebek Injection yang diposisikan sebagai  bebek entry level ini emang cocok buat para pekerja maupun pelajar.  

 

SPEK FORCE      

Spek Force

 

 

SPEK JUPITER-Z1

Spek Jupiter-Z

 

SPEK VEGA RR

Spek Vega RR

 

Teks : Well, Foto Speedometer : Taufik (welly@motorexpertz.com) Join Us On Fanpage: motorexpertz & Twitter @motorexpertz. PIN BB: 24B2AFEE

  614 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !