Impresi ME: TVS Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TEST
24
Jul
2013

Impresi ME: TVS Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula

  10592   0

Impresi ME: Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula
 
JAKARTA, ME. PT TVS Motor Company Indonesia akhirnya resmi merilis skutik pertama mereka, yaitu TVS Dazz. Peluncuran Dazz dilakukan di pabrik mereka sendiri yang bermarkas di daerah Karawang, Jawa Barat (23/7). Selain event peluncuran Dazz, TVS juga ngajak rekan-rekan media yang hadir untuk ngerasain juga kehebatan dari Dazz ini bradsis.
******************
 
 
Pertama kita liat fisiknya dulu deh. Bodinya emang ramping banget bradsis, buat manuver atau selap-selip lebih enak. Beratnya aja cuma 92 kg. Tapi sayang ada beberapa bagian yang jadi korbannya. Dek bawah atau daerah bagian pijakan kaki agak sedikit sempit bradsis, agak repot kayaknya kalo buat naro barang di tengah-tengah. Ujung sepatu juga kurang lebar, apalagi kalo ukuran 41 ke atas. Jadi posisi kaki mesti sedikit membuka.
 
Tapi tangki bensinnya paling besar kapasitasnya dibanding skutik lain di kelasnya, kapasitasnya mencapai 5,3 liter. Tapi ada lagi korbannya nih, bagasi di bawah jok sedikit kapasitasnya. Cuma bisa muat naro barang-barang kecil aja, kalo jas hujan kayaknya gak muat deh, bradsis.
 
Fiturnya gak kalah sama skutik lainnya yang udah meluncur duluan. Ada charger HP, gak perlu khawatir kalo batere HP lowbat bradsis. Untuk keamanan dan kenyamanannya, TVS Dazz dilengkapin juga sama ban tubeless dan tuas pengunci rem. Rem depannya cukup pakem, cuma rem belakangnya agak sedikit dalam narik tuasnya. Mungkin perlu diseting lagi, nih!
 
Impresi ME: Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula
 
Sekarang kita jajal performanya yuk. Dari segi mesin, kapasitas mesin 110 cc cukup untuk nemenin brader n sista menjalankan aktivitas sehari-hari. Joknya lumayan empuk, buat boncengan atau bawa beban berat pun gak masalah, karena suspensinya cukup kuat bradsis. Kalo dirasa-rasain, riding position sama tarikannya jadi mirip sama Mio, nih!
 
Impresi ME: Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula Impresi ME: Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula
 
Sewaktu kunjungan ke pabriknya, ME liat sendiri pengetesan suspensinya. Nama alatnya adalah bump test rig. Di situ, TVS Dazz dikasih beban 150 kg dan dijalanin dengan kecepatan 20-25 km/jam, sampai sekitar 100 ribu km. Gak cuma dijalanin seperti biasanya aja bradsis, tapi disimulasikan seperti jalanan rusak.
 
Impresi ME: Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula Impresi ME: Dazz Murah, Lincah, Kuat Pula
 
TVS Dazz sendiri keluar dengan tiga pilihan warna, yaitu New Volcanic Rec (merah), Dazzling White (putih), dan Bright Green (hijau). Harganya cukup simpatik, cuma Rp 9,99 juta (OTR Jakarta) aja kok. Dengan harga segitu, brader n sista udah dapet gratis service spare part dan ganti oli selama 1 tahun, garansi mesin 3 tahun, dan juga garansi cylinder block selama 5 tahun.
 
Yah, kalo ME bilang sih, cukup kebayar lah, antara duit yang dikeluarin Rp 9,99 juta dengan produk yang disuguhkan dengan beragam fitur ini.
 
**************
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Kelik, Join us on fanpage: Motorexpertz, twitter: @MotorExpertz and PIN BB: 24B2AFEE

  473 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !