Nimbus Luxus, Motor Pertama Di Dunia Pakai Suspensi Depan Teleskopik.
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-CLASSIC
19
Ags
2013

Nimbus Luxus, Motor Pertama Di Dunia Pakai Suspensi Depan Teleskopik.

  3511   0

Nimbus Luxus 1937

DENMARK, ME. Ternyata Negara Denmark juga menyumbangkan hasil karyanya sebagai sejarah perjalanan transportasi roda dua di dunia bradsis. Motor antik bin unik ini diberi nama Nimbus Luxus dan dibuat pada kisaran tahun 1920-1957. Mau kenal lebih jauh gak sama ‘Mbah-nya’ motor ini bradsis? Monggo disimak baik-baik... Hehehe

************

Popylasi Sekitar 4.000 Unit

 

Nimbus Luxus 1937Nimbus sebenarnya  merupakan perusahaan  yang bergerak di bidang alat-alat kebersihan, terutama vaccum cleaner di Denmark bradsis, juga merupakan perusahaan keluarga yaitu Mr. P. A. Fisker dan anaknya Andreas Fisker dan membangun pabrik perakitannya di Kopenhagen. Nimbus mulai dikenal dan diancungi jempol secara kualitas dan teknologi karena mengembangkan pertama kalinya teknologi suspensi depan teleskopik pada motor, yang di mana BMW, motor buatan Jerman ini masih dalam tahap pengembangan. Wah kalah start berarti nih. Hehehe.

Kala itu motor buatannya menggunakan mesin flathead. Tapi sejak tahun 1937, Nimbus mulai mengaplikasikan mesin dengan sistem katup overhead, yang sekarang dipakai pada mesin modern. Pada tahun itu juga Nimbus meluncurkan seri Luxus yang dilengkapi dengan fitur baja yang berbentuk pipih seperti Delta box, sekaligus melindungi tangki bahan bakar secara diagonal yang membuat motor ini unik dari motor lain pada jamannya.

Nimbus Luxus 1937 Nimbus Luxus 1937

Di bagian dapur pacunya Nimbus selalu mengusung mesin empat silinder segaris 746 cc bertenaga 18 @ 4.000 rpm, bahkan kepolisian Denmark memesan spek yang lebih tinggi bertenaga 22 PS @ 4.500 rpm. Untuk penggeraknya Nimbus menggunakan  propeller shaft/gardansebagai penerus daya ke roda belakang. Suspensi depan motor ini sudah menggunakan teleskopik pertama di dunia bradsis, dan belakangnya menggunakan pegas pada jok pengemudi dan penumpang.

Dan yang paling unik adalah meskipun mekanisme kopling dapat dioperasikan dengan tangan maupun kaki, tapi penempatan posisi tuas transmisinya berada di bNimbus Luxus 1937elakang tangki bensin bradsis. Wah.. ribet juga nih kalo yang bawa cewek, pasti pengennya oper gigi melulu. Hehehe.

Karier Nimbus di dunia roda dua terhenti pada tahun 1960 bradsis, yang di mana permintaan pasar yang sedikit juga mahalnya harga bahan baku yang harus diimport membuat Nimbus berhenti diproduksi. Sekarang Motor ini menjadi buruan kolektor motor antik bradsis, dan saat ini jumlahnya  sekitar  4.000 unit yang menyebar di seluruh dunia.

*************

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com) foto courtesy of howstuffworks.com, join us on fanpage & twitter: Motorexpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  300 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !