Potong Sensor Pulser Buat Yang Masih CDI Analog, Tarikan Melesat!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
21
Ags
2013

Potong Sensor Pulser Buat Yang Masih CDI Analog, Tarikan Melesat!

  329313   0

JAKARTA,ME. Potong atau menambah sensor pulser pada magnet memang bukan barang baru. Tapi yang jadi info baru kalau potong sensor akan jadi buang-buang tenaga jika sudah menganut CDI yang berbasis programable. Justru malah berbanding terbalik jika CDI masih menggunakan tipe analog, timing pengapian bisa lebih maju atau mundur. Di keluarga bebek jenis mana pun ubahan ini kerap dilakukan

 

****************

Dipotong 2-3 mm

 

magnet

 

Jurus ini dikeluarkan mekanik jika mendapatkan masalah seputaran karburator yang 'ngorok' palsu. “Setting di tempat kayak kebasahan, tapi waktu motor dipacu, tiba-tiba motor terasa kering sekali, setelah dirasa karburator tidak ada masalah, mau gak mau, timing pengapian harus dimodifikasi,”tutur Ridwan Saleh mekanik Kancil TPZ yang bermarkas di sebelah kampus Bina Nusantara di kawasan Kemanggisan, Palmerah, Jakbar.

magnet magnet

Masih ujarnya,  “Biasanya sih, gue potong sedikit sekitar 2-3 mm di bagian belakang, tujuannya agar derajat pengapian lebih maju agar gak ada gejala tekor bensin. Tapi tingkat kesulitannya pada saat mengkalibrasikan dengan bukaan klep, mekanik harus membayangkan busur derajat di bagian gigi sentrik, jadi dia tau di derajat berapa klep membuka dan menutup.”

magnet magnet

magnettt

Efek yang dihasilkan ubahan ini jika sudah kompak dengan klep bisa bikin mata melotot, putaran mesin bertenaga karena bensin terbakar sempurna, tapi kembali lagi kalau ada rencana membeli CDI programable jurus ini akan buang-buang tenaga saja.

Tools

Gergaji Besi, Obeng driper, Palu, Sigmat, Tracker Magnet, Kunci Sok 17mm

Ragum

Langkah kerja

1. Sudah pasti cover dibuka terlebih dahulu karena akan membuka bak magnet, jangan lupa untuk mengetap oli didahulukan.

2. Lihat tonjolan di atas magnet? Ukur dengan sigmat bagian belakangnya 2mm saja.

3. Gergaji di atas motor? Ihh jangan jorok deh brad, siapa berani jamin gram hasil pemotongan tidak masuk. Buka terlebih dahulu dengan tracker magnet dan dibantu kunci sok 17 mm

4. Jepit magnet yang baru dibuka, baru eksekusi deh. Cukup bikin garis dengan gergaji besi, setelah itu obeng driper yang akan melepaskannya.

5. Kikir sisa potongan agar rapi, mulai deh dipasangkan kembali bak magnetnya

*************

Teks dan foto : Iman (redaksi@motorexpertz.com), Join us on fanpage & twitter: @motorexpertz,  Pin BB: 24B2AFEE

  1095 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !