Nih, Kelinci Jepang Yang Diburu Kolektor
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-CLASSIC
29
Ags
2013

Nih, Kelinci Jepang Yang Diburu Kolektor

  6724   0

Fuji Rabbit Superflow S601

JEPANG, ME. Ternyata Jepang juga sempat memproduksi skuter eksotis bradsis, gak kalah keren dengan skuter buatan negeri Pizza, Italia sana dan usianya juga enam bulan lebih tua dari pada Vespa. Skuter ini juga dijuluki ‘Kelinci’ dari Negeri Sakura dan sangat laris di pasaran pada jamannya dari tahun 1946–1968.

***********

Kebutuhan Transportasi Sipil

Fuji Rabbit Superflow S601Asal mula perusahaan pembuat skuter yang diberi nama Fuji Rabbit Superflow S601 ini adalah perusahaan pembuat pesawat tempur pada masa Perang Dunia ke-II. Perusahaan yang bernama Nakajima Aircraft Co tadinya memproduksi berbagai pesawat militer dari berbagai jenis. Sejak menyerahnya Jepang pada tahun 1945, perusahaan ini dibubarkan dan berganti nama sebagai  Fuji Sangyo CO yang berkonsentrasi untuk memproduksi segala kebutuhan transportasi sipil.

Pada Tahun 1946 lahirlah skuter pertama yang dikasih nama Fuji Rabbit dengan seri S-1 yang lebih dulu diproduksi dari pada skuter yang paling populer di dunia, Vespa.  ‘Si Kelinci’ mulai masuk ke benua Amerika pada tahun 1957 dengan seri S-601 yang mengusung mesin 200 cc dan sekitar 74.694 unit terjual pada saat itu bradsis.

Fuji Rabbit Superflow S601 Fuji Rabbit Superflow S601

Karier Fuji Rabbit terhenti pada tahun 1968 bradsis, dikarenakan banyak anak perusahaan dari Fuji Sangyo Co yang berpaling, seperti Malcolm Bricklin distributor di Kanada yang merintis perusahaan roda empat yang hingga saat ini dikenal dengan nama Subaru. Sejauh ini Sang kelinci sudah berlompat keliling dunia di sekitar Kanada (Quebec & Alberta ), Amerika Serikat ( Ohio , NewYork , Texas , Virginia , California , Florida ), Australia (Adelaide , Queensland ) , Israel & Jepang (Tokyo, Osaka ), dan menjadi salah satu buruan para kolektor motor antik.

Video Fuji Rabbit Superflow S601

 

*************

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com) Foto courtesy of theworldofmotorcycles.com, join us on fanpage &twitter: Motorexpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  358 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !