Vincent Black Shadow, Motor Tercepat Di Dunia!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-CLASSIC
09
Sep
2013

Vincent Black Shadow, Motor Tercepat Di Dunia!

  6462   0

LOS ANGELES, ME. Buat pencinta motor antik atau yang biasa disebut kolektor, kali ini kita bakal ber-nostalgia, bradsis. Siapa yang lahir sebelum tahun 1928? Udah jelas gak ada, karena itu pasti kelahiran kakek atau nenek loe, bradsis. Tapi, Vincent Motorcycles, salah satu produsen sepeda motor yang berdiri di ranah Britanian, Inggris sejak tahun 1928 sampai 1955 dan bahkan, produsen ini pernah nyiptain salah satu motor tercepat di dunia pada tahun 1948 setelah Perang Dunia ke-2, bradsis. Motor itu yang akan kita bahas sekarang.

********************

Digarap Builder Andal

Salah satu variannya yakni, Vincent Black Shadow yang dikembangin sama Ian Barry, sang builder atau pemodifikator dan sekaligus pemilik bengkel modifikasi yang bernama Falcon Motorcycles. Ian Barry yang ditemani oleh 5 orang builder lainnya, ngembangin motor yang udah ngendap di garasi sejak 35 tahun lalu, dikerjain berselang selama hampir satu tahun lamanya.

Wujud asli motor ini, didesain ulang dengan gak ngilangin bentuk jadulnya, bradsis. Seperti daleman mesin bentuk V-Twin dengan tenaga kuda 1.000 cc yakni, setang seher cuma diperbaiki, bobot dikurangin dan tangki, yang menjadi keunikan dari salah satu motor terbaik di dunia ini, serta banyak ubahan lainnya.

Keunikannya dari tangki Black Falcon, sebutan buat motor ini, berbahankan dari stainless steel dengan strip pendingin yang efisien dan di pusat tutup tangki yang dibuat dengan transparan, sehingga si pengendara gak perlu buka-buka tutup tangki segala kalo cuma pengen liat isi bahan bakar doang, bradsis.

Selain itu, motor ini juga punya 2 tampungan bahan bakar dengan gaya yang berbeda, tetapi tetap dibuat dari bahan sama, yaitu aluminium. Yang pertama bentuk Roadster, gaya tangkin yang dikhususkan untuk pemakaian sehari-hari dan yang kedua, bergaya Quarter Miler atau bentuk tangki yang didesain mungil alias kecil.

Berbeda dengan tangki bergaya Roadster, Quater Miler merupakan tangki yang sengaja didesain dari bawaannya Vincent Black Shadow, sepeda motor yang pernah tampil dalam ajang drag racing, bradsis. Hmmmm... Pantes aja, pernah disebut-sebut salah satu motor tercepat di dunia, ternyata motor balap ajang adu kebut di trek lurus.

Demi trend modern di jaman sekarang ini, semua ubahan lain mengikuti dan semuanya digarap di bengkel modifikasi tersebut, bradsis. Monggo, liat secara detail, baik secara dari frame sampai silinder, bradsis. Kinclong, kan?

 

************

Teks: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com) Foto: Courtesy of Motorivista and Falcon Motorcycles, Join us on Fanpage & Twitter: @Motorexpertz, Pin BB: 24B2AFEE

  393 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !