Siapa Bilang Vario 110 Gak Bisa Dibikin Ngacir? Nih, Caranya!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
12
Sep
2013

Siapa Bilang Vario 110 Gak Bisa Dibikin Ngacir? Nih, Caranya!

  553826   5

JAKARTA, ME. Banyak yang teriak kalau Honda Vario 110 cc susah dibuat mabur bin ngacir karena ada jalur water jacket yang bikin batas maksimal penggunaan hanya mentok di angka 58 mm. Lebih dari itu, sama dengan mesin berantakan. “Banyak cara kok bikin Vario mabur, tapi gak melulu soal piston, ya kali harus geser water jacket buat penggunaan harian saja,”ungkap Yorry Sumual, mekanik di Putra Speed dibilangan Kalibata, Pasar Minggu, Jaksel.

*****************

Nah, karena banyak cara, tim ME akan coba untuk menerjemahkan buat bradnsist, part dan gimana trik pasangnya? Yuk mari disimak baik-baik, dah pasti Vario kesayangan loe mabur, bradsir.

Piston

Upgrade vario

Jangan nekat deh, buat ngarep lebih dari piston 58 mm. Sebab repot di diameter mulut crankcase alias mentok bradsis! Tetap maksimalkan di ukuran 58 mm, tapi gunakan piston model slipery. Kenapa model slipery? Nanti akan dijawab di langkah selanjutnya. Masih seputaran piston susun ulang nat piston dengan kubahnya agar kompresi terfokus. Untuk sekadar informasi saja, piston standarnya 50 mm ya bradnsist.

Harga Piston: Rp 350 ribu

 

Pen Stroker

Nah di sinilah jawabannya, kenapa pakai piston model ceper. Pengunaan pen stroker dengan ukuran 3 mm, akan mengubah struktur panjang blok daripada harus tambah biaya membuat paking tambahan, lebih murah dan mudah mengganti jenis pistonnya. Penambahan pen stroker 3 mm membuat stroke standar yang awalnya 55 mm jadi 61 mm. Mau tahu berapa cc Vario loe sekarang bradnsist? Yap, seratuuussss. 162 cc.

Harga pen stroke plus pasang: Rp 300 ribu

Seputaran Head

upgrade performa

Dari 110 cc jadi 162 cc otomatis diperlukan pasokan bensin ekstra, itu sebabnya klep standar dengan ukuran in 26 mm dan out 21 mm. Coba ubah dengan klep EE dengan ukuran klep in 31 mm dan out 25,5 mm atau gak mau ekstrem bisa pakai klep Sonic dengan ukuran in 28 mm dan out 24 mm. Porting polish? Ya pastinya lah bradnsist.

Harga klep dan ongkos bubut: Rp 500 Ribu.

 

Karburator

upgrade performa

Ubahan yang sudah mendekati tahap sedang sampai berat ini otomatis mengikhlaskan karburator standar dengan Keihin PWL 26 mm eks Ninja R, gak usah khawatir dengan intake-nya bradnsist, tinggal 'ha'.

Harga Karburator PWL : Rp 980 ribu

Knalpot

Percuma makan banyak kalau buangannya gak sempurna, dipilihlah Knalpot lansiran WRX agar teriakan dan laju di putaran atas maksimal

 Harga Knalpot WRX: Rp 600 rebu

CDI

Perlu letikan dan durasi pembakaran yang maksimal, itu sebabnya CDI BRT Dual Band dipercaya untuk bertugas.

Harga CDI : Rp 650 ribu

Seputaran V-belt

upgrade performa

Kalibrasi ukuran roller itu sudah pasti, tapi ingat ukurannya gak bisa dipatok rata, karena rute dan kondisi jalan juga pastinya berbeda. Untuk per CVT dipakai ukuran 1.500 rpm dengan tujuan tenaga di putaran bawah makin beringas.

Harga Seputaran V-belt: Rp 150 ribu

 

 

 

***************

Teks : Iman (redaksi@motorexpertz.com) Foto: Dok ME. Join us on fanpage & twitter: @motorexpertz,  Pin BB: 24B2AFEE.

  1494 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Bos untuk karbu vario kan ada vakumnya.. Trus kalo pakek karbu ninja vakumnya gimana?
Guest
Bantu jawab gan , vakum letaknya di dalam karbulator di bagian atas , tugas vakum supaya gas langsam dan tidak ada hentakan , ketika dipasang karbu non vakum , maka suplay bensin dalam karbulator lebih responsif sehingga pembakaran lebih efisien . Untuk pemasangannya , agan tidak perlu khawatir . Karbu pnp dipasang
Guest
Guest
Kalo ganti sehernya aja tapi pake racing ngaruh ga gan sama ccnya ?
Guest
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !