BSA M 20: Besutan Tentara Perang Inggris PD II
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-CLASSIC
18
Sep
2013

BSA M 20: Besutan Tentara Perang Inggris PD II

  19480   0

                     

INGGRIS, ME. Pada jaman Perang Dunia II, motor ini digunakan untuk moda tranportasi ke wilayah-wilayah perang. Pada tahun 1936, motor ini ditarik dari peredaran untuk dievaluasi karena dianggap gagal oleh perusahaan, terutama pada bagian mesinnya,  sejak diproduksi dari tahun 1920. Setahun kemudian, M20 kembali diedarkan dengan mesin yang lebih kecil.

***************

 Tangguh dan Diandalkan

Awalnya diluncurkan pada tahun 1937 sebagai sespan, BSA M20 adalah sepeda motor militer yang paling banyak diproduksi untuk pasukan Inggris selama Perang Dunia II. Meskipun jauh dari kesan seni, BSA M20 hampir tidak bisa dihancurkan oleh senjata perang musuh. Tangki bensin di BSA M20 sendiri memiliki pelindung yang kuat untuk membantu memastikan keamanan di medan perang. Bahkan garpu depan  motor klasik ini yang kuat, juga tak mudah dihancurkan.  M20 ini pun dilengkapi dengan senjata otomatis.

 

Motor yang disenjatai mesin tipe 4 langkah, silinder tunggal berkapasitas 469 cc dan berpendingin udara mampu menghasilkan tenaga 13 dk pada putaran mesin 4.200 rpm, sehingga sangat ideal dalam situasi pertempuran. Wiiiiihhhh… seru juga ya bradsis..!!

Sistem pengapiannya diakui sangat paten untuk diandalkan di medan perang. Apalagi panel-panel instrumen militernya mudah dirawat. Oh ya, karena dirancang dari sasis yang kuat, wajar kalo motor ini pun sempat jadi favorit tentara perang Inggris. Intinya, selain dirancang untuk jalan beraspal, motor ini juga yahud untuk off-road loh bradsis. Cakep gak tuh bradsis..hehe.

 

Di Indonesia sendiri, motor ini menjadi barang antik nih bradsis, para pencinta motor klasik dan kolektor motor antik pun banyak berburu sampai ke negri asalnya Inggris, hanya untuk memiliki motor ini. Maklum, kuda besi ini memiliki sejarah yang panjang. Wajar kalo   motor ini banyak digandrungi hingga saat ini. Bradsis ingin berburu motor antik ini juga..? Mooonggoo…!!

 **********************

Teks : Aryo ( aryo.motorexpertz@gmail.com), Editor: By-You, foto & courtesy by motorcycleUSA.com, Join us on Facebook: @Motorexpertz, Twitter: @MotorExpertz, Pin BB: 24B2AFEE

  684 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !