Pencinta Nouvo Makin Banyak, Tipe SX Segera Meluncur?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
20
Sep
2013

Pencinta Nouvo Makin Banyak, Tipe SX Segera Meluncur?

  22027   0

JAKARTA, ME. Yamaha Nouvo? Pasti dah, loe mau bilang skutik pertama Yamaha yang kurang sukses di pasar waktu awal-awal diluncurin.Betul sih, tapi itu dulu bradsis! Sekarang? Justru ni' skutik udah kayak 'harta karun', tuh. Kenapa? Ya karena banyak yang nyari dan harganya juga 'gelap', lantaran susah diprediksi. Tapi pastinya, masih tinggi untuk sebuah motor second. Woww.. Kenapa ya, bisa begitu?

***************

Cuan Lumayan, Bradsis

Nouvo lele awal skutik YamahaGak ada yang bisa ngasih jawaban atau alesan paling tajem sih bradsis, kenapa varian Nouvo harganya kembali mahal.  Tapi yang jelas, kalo diintip dari hukum ekonomi dan permintaan, ya alesan skutik rilisan PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) ini kembali mahal, karena emang demandnya tinggi. Pemicunya, so pasti wabah modifikasi di negeri ini  yang emang gak ada matinya. Simpel kate, lantaran banyak yang ngandelin motor ini buat dimodifikasi. Selain itu, komunitasnya juga makin solid dan gede.

Intinya, di Indonesia, apalagi di dunia permotoran dan pencinta modifikasi, kalo satu kelompok udah bikin modif dan keren, pasti bakal diikutin yang laen. "Tapi setau gue, karena emang part buat dandannya di pasaran masih dan makin banyak," bilang Rubyanto, pembesut Nouvo lele keluaran 2004 ini sembari nambahin, doi sendiri beli skutik itu dari awal karena emang bentuknya unik, mesin tangguh, bagasinya gede dan gampang diutak-atik. "Tadinya gue mau jual tuh, tapi berhubung beberapa tahun ke belakang rame lagi, ya udah gue 'piara' aja, trus gue rapi-rapiin, deh!" tambahnya.  

Nah, makanya, momen itu lantas dimanfaain semua pihak. Ya pedagang aksesori, modifikator sampe pedagang motor bekas. Bukannya apa-apa sih brad, siapa juga yang mau nyia-nyiain momen berharga. Iya, gak?  Kayak dibilang brader Riswanto yang profesinya sebagai pedege alias pedagang motor bekas di daerah Duren Sawit, Klender, Jaktim, “Mau cuan (baca: untung) gampang? Beli Nouvo bekas, direfresh catnya lagi dan usahain semua ori, dah pasti selisih Rp 1-2 juta untungnya.” Whewww... mayan banget tuh, brad..

 

Kurang Sukses

Oh ya, sebetulnya sih, kalo kita review atau sedikit flashback,  matik ini awalnya emang dianggap kurang bikin horny, bradsis. Dicemooh abis-abisan, mirip jetski lah, kayak perahu lah,  perawatan sulit lah, desainnya jelek lah. Maklum dah, teknologi matik pertama dan konsumen belom siap. Saking kurang sukanya, sampe dijulukin motor lele, lantaran mirip mulut ikan lele. Weh, sadis bradnsist. Tapi sadar atau kagak,  si Nouvo lele ternyata sudah hadir sejak tahun  2002 sampai 2004. Terus pada tahun 2005-an, si Nouvo coba diperbarui sama YIMM dengan embel-embel 'Z' dengan bentuk yang lebih dinamis, paduan antara lekuk tajam dan membulat, biar lebih 'manusiawi' bin gaul.

nouvo

Tapi mau bilang apa bradnsist, dari sisi penjualan motor ini tetep mengharu biru, sampai akhirnya - gak tau dah, bete atau enggak -  PT YIMM pun kudu ngambil tindakan untuk nyetop produksi. Terlebih di saat bersamaan, YIMM lagi menikmati kejayaan Yamaha Mio nih, bradsis. Meski sama-sama sistem CVT, skutik imut yang disasar buat perempuan secara fakta jauh lebih laris dan diidolain sama semua motorexpertiz di Tanah Air. 

“Yamaha Nouvo lele dan Nouvo Z itu sebenernya hanya terbentur sama timing. Terutama, saat para pengguna belum sadar nikmatnya matik berbadan besar dan lapang, juga belom terlalu yakin pake motor sistem CVT. Tapi lain cerita setelah 11 tahun berlalu kayak belakangan ini, itu Nouvo series dicari lagi. Dan satu lagi, Nouvo sangat fleksibel buat didandanin model apapun,” ungkap Arief Rachman Hakim, modifikator gaek Bily’s Speed di daerah Kemayoran, Jakpus.

nouvo

Apesnya bradnsist, dengan usia yang sudah 11 tahun, spare-part matik ini makin mahal, tuh. Bukan karena ketersediaannya yang ikutan menipis, tapi ada 'aksi timbun' para pemain spare-part. “He..he..he... sebenernya aksi timbunnya lebih ke tampilan bodi aja. Kalo buat jeroan mah, bisa caplok sang adik Yamaha Mio,” kekeh Denny Jonathan, pria yang saban hari bergelut sama aksesori dan spare-part motor asal Thailand ini.

Padahal di luar Indonesia,  varian lanjutan Nouvo series justru berjaya lo, bradsis. Nyang artinya, skutik ini kagak distop produksi, melainkan keluar seri-seri terbaru. Sebut aja, ada Nouvo Elegance yang tahun 2008 masuk Indonesia lewat importir, sampai bikin ngences para pencinta Nouvo. Terutama  ngarep perintilan semacam emblem atau bodinya buat ditemplokin di Nouvo mereka. Atau Nouvo SX di Vietnam yang part ganjennya banyak berseliweran di pasar part Thailand. Malah, tipe SX adalah varian paling hot, tuh.

nouvo

Hot? Iya bradsis, karena tampilannya yang futuristik dan keren, lagi-lagi bikin ngiler Nouvomania. Saking hotnya, sampe di sini pun mulai kasak-kusuk dah, kalo tipe ini bakal dimasukin PT YIMM buat ngelawan skutik Honda di kelas premium: Vario 125 cc. Bener gak? Yaaahhh.. namanya aja gosip bradsis, antara kebenaran dan rumors persentasenya 50:50. Apalagi, YIMM juga masih menutup informasi seputar skutik ini. 

Tapi ME sempet dapat kabar dari orang dalam YIMM, katanya sih, penerus Nouvo ini emang bakal dimunculin lagi di Indonesia, mengingat demam Nouvo masih terjadi. Cuma ya gitu dah, masih samar-samar nih, tipe mana yang bakal diboyong.  “Hmm... kemungkinan salah satu varian Nouvo dijual lagi memang ada. Tapi belum tentu SX juga sih brad, kan masih banyak tipe lain,” kelit sumber ME ini, coba meredakan gundah.

ME ikut ngasih suara ah... buat Pak Dyonisius Beti, Executive Vice President Director PT YIMM: Haloooo... Pak Dyon, sayang loooo, momen demam Nouvo di Indonesia dicuekin. Toh, komunitas Nouvo sudah terbentuk dan cukup besar.  Juga yang nungguin tipe SX udah antre nih di belakang, setuju gak bradsis? Heheheheh...

****************

Teks : Iman (redaksi@motorexpertz.com), Editor: By-You, Foto: Dok ME. Join us on fanpage & twitter: @motorexpertz,  Pin BB: 24B2AFEE.

  428 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !