Cygor: Gue Pengen Buktiin, Gambar Juga Bisa Hasilin Duit
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
ME-EXPERTIZE
03
Nov
2013

Cygor: Gue Pengen Buktiin, Gambar Juga Bisa Hasilin Duit

  11365   0

beat

TANGERANG, ME. Motorexpertiz, setiap orang pasti punya alasan tersendiri, kenapa memiliha suatu pekerjaan. Kalo untuk temen ME, yang satu ini, doi memilih terjun ke dunia airbrush karena hobi. Yang pasti untuk menuju keberhasilan, butuh perjuangan dan kerja keras. Banyak cerita menarik, dari perjalanan brader Cygor dalam belajar airbrush. Jadi penasaran nih brad....

*******************

Pantang Nyerah

Pria yang punya nama asli Nasihin Muhamad Farid ini lebih terkenal dengan panggilan ‘Cygor’.  Doi memilih terjun ke dunua air brush, karena memang punya hobi gambar dari kecil. Karena saking gemarnya menggambar, sampe-sampe baju dan celena buat sekolah, engga luput dari coretan bolpoin. Ya, akibatnya orang tua juga enggak seneng ( suruh siapa, baju buat sekolah dicoret-coret, ono-ono ae sampeyan kang brader...)

Tapi, meski orang tua  sempet enggak mendukung, tapi doi enggak putus asa. ”Gue pengen ngebuktiin kepada orang tua, suatu saat bakal pulang bawa hasil dari gambar. Dan ini yang selalu memotivasi gue, agar enggak nyerah.” Weitt....  mangstappp tuh brad, tetep semangat tim ME selalu mendukungmu. Gak aneh, kalo nyampe sekarang brader Cygor udah 4-5 tahun, berkecimping di dunia air brush.

cygorGrafis

“Memang enggak gampang, usaha gue dalam belajar airbrush. Gue udah nanya sono-sini dengan orang yang bisa airbrush tapi engga ada yang mau ngasih tahu,”sedihnya. Namun doi enggak kehabisan akal untuk tetap belajar, karena dunia udah canggih,  doi nyoba nyari-nyari di internet, ‘nonton youtube’. Dari situ mulai ngerti sedikit, untuk mengembangkanya, sebagai modal seorang airbrusaher dibelilah spray gun, dan paint brush. Pastinya ama kompresor juga, buat semprot-semprot.

“Awal gue belajar airbrush, sebagai medianya motor Vespa kesayangan gue, itu juga pake cat besi,” jujurnya. Harap maklum brad, belum ngerti masih belajar, jangan diketawain. Setelah 2 tahun terus mencoba, akhirnya udah mulai ketemu ilmunya. “Sebelum gue di Ciledug, dulunya di Pangandaran, Jawa Barat. Sempet lama buka bengkel airbrush di sana,”ujar pria kelahiran 1988 ini.

vespavespa

Trus pengalaman yang menarik, selama ngebengkel airbrush di Pangandaran, apa brad?  ”Kalo pengalaman yang menurut gue paling berkesan, ada dua cerita nih. Pertama ketika gue dapat orderan suruh ngecat motor Yamaha Mio, dengan konsep cat tumpah. Nyampe 4 kali gue ganti cat, karena udah pusing, akhirnya gue anggurin aja. Trus, tiap kali gua buang cat bekas nyemprot, gue tumpahin aja ke motornya. Eh, engga taunya tiba-tiba pemiliknya datang. Dilihat dah tuh motornya, yang udah ancur penuh buangan cat. Tapi, malah seneng, dia bilang:  nah, kayak gini ni, yang gua mau!”  Jiahahahha... ternyata kepusingan loe ngebuahin hasil juga brad, hahahahahaha.

Yang kedua apa lagi nih brad? ”Nah, kalo yang ini yang enggak bakal gua lupain. Jadi ceritanya gini, ada ibu-ibu, mungkin emang enggak ngerti masalah airbrush kali ya. Dia minta gue, suruh ngecatin kaleng kerupuk. Ya, emang kalengnya udah pada karatan, trus dia bilang:  orang motor aja bisa bagus dicat, ini kaleng kerupuk juga bisa kali. Mau gak mau gua kerjain aja sesuai yang dia minta. Udah kelar, gua cuma dikasih duit Rp 5 ribu. Lumayan.... daripada lu manyun, brad, hahah. "Tapi enggak gua terima, akhirnya gua beri nama kaleng kerupuk racing,” jawab brader Cygor sambil ketawa cekikikan sendiri,  wkwkwkwkwkw.....

Grafismx

 

miohelm

“Kalo tinggal di Ciledug, gue baru 6 bulan. Tapi, gue bener-bener bisa belajar teknik airbrush di sini. Karena gue bisa dapat ilmu dari KAI  (Komunitas Air Brush Indonesia),” sambung pria yang berpenampilan nyentrik ini.

Nah, kalo ngomongin karyanya brad, udah lumayan banyak juga motor yang digarap ama doi. Untuk harga brader Cygor, mematok tarif kisaran di atas 1 juta. ”Mungkin bisa aja gue pasang harga di bawah 1 juta, tapi bahannya juga pasti yang murah. Nah, gue enggak mau karya gue mengecewakan pelanggan. Makanya gue pasang harga segitu, karena bahan yang gue pake juga yang berkualitas bagus,” jaminnya. Setuju dah, brad.

lapak cygorbahan

Buat motorexpertiz, yang pengen motornya digarap brader Cygor. Bisa langsung dateng aja ke bengkelnya di Jl. Haji Mencong, RT01/02, Desa Sukamara Timur, Ciledug, Tangerang. Atau calling-caling dulu buat nego harga, di nomor 0823-1566-5298.

Ternyata, emang enggak ada yang sia-sia semua kerjaan  yang kita jalani. Selama dilakukan dengan ketekunan dan kerja keras. Seperti brader Cygor, dengan kesabaranya akhirnya doi bisa ngebuktiin kepada orang tuanya, bahwa gambar juga bisa menghasilkan duit. Mamakeee.... bapakeee.... sekarang aku berhasil....! Heheheh...

***************

Teks: Joko (joko.motorexpertz@gmail.com), Foto: Istimewa, join us on fanpage & twitter @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE.

  503 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !