motor klasik bekamo 129cc, mempunyai sasis bodi terbuat dari kayu dan unik
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
ME-CLASSIC
07
Jan
2014

motor klasik bekamo 129cc, mempunyai sasis bodi terbuat dari kayu dan unik

  46408   1

motor klasik bekarmo dari jerman

JAKARTA, ME. Motor klasik bin jadul biasanya mempunyai ciri khas tersendiri untuk modelnya. Entah itu dari lekukan bodi ataupun dari jenis mesinnya yang diungggulkan. Namun, kalo seperti motor Bekamo asal Jerman ini, mempunyai bentuk sangat simple, unik namun elegan bradsis.****************

Mesin Terkuat di Jamannya

motor klasik bekarmo dari jermanBekamo sendiri adalah singkatan dari Berliner Kleinmotoren Aktiengesellschaft. Atau kalo diartikan ke bahasa Indonesia, yaitu perusahaan motor dari Berlin dengan mesin masih kecil. Dari situlah terciptanya motor klasik yang bernama Bekamo. Pencetus pertama atau perancangnya adalah Hugo Ruppe, seorang insyinsur paling terkemuka di jamannya loh, bradsis.

Motor yang diciptain pada tahun 1922 ini sangat dinamis dan elegan, serta mempunyai bodi terbuat dari kayu. Apalagi, Hugo Ruppe sang perancangnya, membuat sebuah mesin berkapasitas 129cc dengan 2-stroke alias 2-tak yang akan membantu mesin lebih bertenaga dari motor konvensional biasanya.

Nah, soal berapa besar tenaga mesinnya, motor asal Jerman ini, memiliki daya 3,5 hp. Pada jaman itu, gak ada motor lainnya yang punya tenaga sebesar itu bradsis. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Karena krisis ekonomi di tahun 1925, Ruppe bangkrut dan terpaksa gulung tikar. Padahal, penjualan dari Bekamo sendiri terbilang laris saat itu.

Nah, meski hanya bertahan sampai beberapa tahun saja dari masa pembuatannya. Bekamo tetap menjadi motor klasik yang sangat bernilai sejarahnya, karena mempunyai sasis bodi yang terbuat dari kayu dan memiliki mesin dengan 2-tak.

Text: Rendi Noice (rendimotorexpertz@gmail.com), Photo: motosdoseculoxx, Text editor: Donnyantoro, Join us on fanpage & twitter: @motorexpertz, Download ME versi Android di sini