Perhatikan! Part Berikut Bisa Berbahaya di Musim Hujan..
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
ME-TIPS
16
Jan
2014

Perhatikan! Part Berikut Bisa Berbahaya di Musim Hujan..

  6191   0

Perhatikan Part Berbahaya Ini Di Musim Hujan

JAKARTA, ME. Musim penghujan datang, tingkat kewaspadaan buat para bikers sebagai pengguna motor harus makin tinggi dan jeli terhadap beberapa part yang rawan dan anti terhadap air. Jangan sampe hal sepele kayak gini, loe cuekin begitu aja, bradsis. Dampak jeleknya bisa aja terjadi hal-hal di luar keinginan kita.

Bukannya apa-apa bradsis, hal terkecil aja bisa menjadi berdampak besar. “Yang jelas, perhatian terhadap motor kesayangan itu merupakan hal yang paling penting. Pasalnya, sekarang ini kan cuaca emang kurang berkawan,” ujar Boy dari Boy Speedshop yang biasa ditemui di kawasan Cibubur Raya, Jaktim.

Aksesoris Berbahaya
Aksesoris emang gak ada salahnya buat nambahin kesan manis terhadap besutan. Tapi, hal perlu yang diinget di musim hujan ini, jangan sampe beli atau nemplokin sembarang aksesoris. “Hindari penggunaan handgrip yang berbahan dari aluminium atau semacam besi dan kawan-kawannya. Jangankan air hujan, keringat tangan aja bisa bikin licin saat melintir gas, kalo dipikirin dampaknya bahaya banget,” beber Boy.

Ukuran dan bentuk ban aneh, perhatikan kegunaan aja bradsist...Karburator open filter? Jangan gila dong..

Aplikasi Ban Aneh
Sesuaikan dengan ukuran dan kegunaannya, bradsis. Poin ini menjadi hal paling penting, karena emang fungsi ban sebagai komponen guna berjalannya kendaraan. Pilih ban sesuai ukuran dan kegunaannya. Tapi kalo mau aman sih, aplikasi ban standar aja bradsis.

Karburator Mangap
Nah, ini dia yang kadang bisa bikin besutan kesayangan brad n sist ndut-ndutan atau mogok seketika. Terutama buat pengguna motor bebek nih, jangan berpikiran aneh-aneh dengan menganut pemakaian karbu yang mencong kanan dan kiri. “Kalo buat balapan sih, gak ada masalah. Tapi buat harian mah, mending standar aja dah,” ucap Boy. Terlebih lagi, filter juga jangan dilepasin yak, bradsis.

Usahakan gak ada sambungan kabel kayak gini, rawan korslet.Bearing tanpa karet, kalau bisa beli yang pake pelastik pelindung.

Kelistrikan Korslet
Diusahakan jangan sampe seperti yang ada di foto yak, bradsis. Pasalnya, terjadinya korslet pada sistem kelistrikan motor di musim penghujan seperti sekarang ini awan banget. Belum lagi kalo besutan kesayangan brader n sist ngebul bau angus. Tanda-tanda, tuh. Buuaarrrr, kebakaraannn deh..

Bearing Tanpa Karet
Bearing yang gak terlindungi seperti ini udah jelas deh dampak air pada umur bearing itu sendiri, bradsis. Lantaran pelindung yang berbahan plastik udah gak layak atau udah ancur termakan usia, air yang nyumbat berlama-lama bisa menjadi bahan perpaduannya ketika debu ikutan masuk juga ketika cuaca cerah. Alhasil, bearing jadi gampang rusak.

Mungkin dari poin-poin di atas, bisa jadi pengingat kembali brader n sista untuk memperhatikan motor kesayangan. Intinya, biarpun keadaan cuaca cerah atau mendung, safety harus selalu diutamakan.

Text: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Iman and Dok. ME, Join us on Facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  213 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !