Debat Kusir Penyeregaman ECU Standar Berlanjut, Bos Tech 3 Setuju Regulasi Baru
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
30
Jan
2014

Debat Kusir Penyeregaman ECU Standar Berlanjut, Bos Tech 3 Setuju Regulasi Baru

  4639   0

Debat Kusir Penyeregaman ECU Standar Berlanjut, Bos Tech 3 Setuju Regulasi Baru

JERMAN, ME. Debat kusir persoalan regulasi unit ECU (Electronic Control Unit) standard yang rencananya bakal diseragamkan di tahun 2016 nanti udah memasuki tahap ketiga nih, bradsis. Memang persoalan ini masih belum dinyatakan fix karena kubu Honda masih menentang regulasi tersebut buat kelas MotoGP. Manajer tim Tech 3, Herve Poncharal, akhirnya angkat bicara juga nih, bradsis.

ECU Standard Bakal Jadi Kompetitif

Menurutnya, regulasi yang diterapin Dorna tersebut harus tetep diikutin, karena Dorna bakal terus mengoptimalkan perangkat software tersebut. Bahkan, Poncharal juga yakin sama Carmelo Ezpeleta bahwa ECU standard buatan Magneti Marelli gak kalah kompetitif dari buatan pabrikan.

“Carmelo Ezpeleta sangat percaya diri bahwa ECU standar bisa kompetitif. Makanya, regulasi yang dia buat ini yang harus kita ikuti. Ezpeleta akan melakukan segala cara untuk bisa mengoptimalkan ECU standar ini. Itu adalah tujuannya, karena itu musim 2014 menjadi sangat penting,” ujar Herve Poncharal.

Regulasi penyeragam ECU sebenernya udah dimulai tahun 2014 ini bradsis, dimana kelas MotoGP kategori Open menjadi langkah awal regulasi ini berjalan. Gak cuma di MotoGP aja, di luar ajang MotoGP seperti Formula 1 udah nerapin penyeragam ECU beberapa tahun lalu.

Ducati yang rencananya bakal pindah kelas ke kategori Open pun disebut-sebut setuju dengan regulasi ini, bradsis. “Regulasi penyeragaman ECU di kejuaraan lain berjalan dengan sempurna. Contohnya saja seperti di kelas Moto2 dan Moto3. Mengapa tidak mengaplikasikannya di MotoGP? Honda punya empat pembalap di kategori Open, Yamaha punya dua, sedangkan Ducati hanya satu. Semua teknisi dan pabrikan akan memonitor performa dari software ECU standar ini,” imbuhnya.

Persoalan ECU aja sampe ribet gini yak, bradsis. Hmm, kira-kira Honda bakal luluh dan ngikutin regulasi ini gak yaa..

Text: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Courtesy of speedweek, Join us on Facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  125 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !