Ini Dia Faktor-faktor yang Bikin Marquez Kenceng!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
06
Feb
2014

Ini Dia Faktor-faktor yang Bikin Marquez Kenceng!

  10319   0

Ini Dia Yang Bikin Marquez Kenceng!

SEPANG, ME. Marc Marquez bikin semua orang geleng-geleng kepala dengan hasil catatan waktunya yang tembus di angka 1 menit pada sesi tes pra-musim hari kedua di sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (05/2). Gak bisa dipungkiri kalo RC213V begitu mudah dikendaliin sama pembalap asal Spanyol ini. Gak ngaruh deh apapun masalahnya. Problem sedikit, langsung bisa diatasi.

Pengereman, Sasis, dan Ban

Di hari sebelumnya, Marc Marquez ngaku kalo ban baru dari Bridgestone masih belum ada efek perubahan lebih dari tahun sebelumnya. Tapi di hari kedua ini, doi bisa lari lebih kenceng dengan RCV213V berkat ban tipe hard yang dipilihnya. Gak cuma itu doang bradsis, tugas Marquez dari Honda di sesi tes kali ini adalah untuk ngetes sistem pada geometri yang bisa ningkatin sistem pengereman, sekaligus ngetes dua sasis yang berbeda, yaitu sasis baru dan sasis musim lalu.

Tapi selama tes masih berjalan, menurut pembalap berusia 20 tahun tersebut dia sempet ngalamin kesulitan pada sistem pengereman. Seiring ban tipe hard berputar, Marquez ngungkapin permasalahan yang gak dijelasin secara rinci, gak butuh waktu cukup lama untuk mengatasinya.

“Kami terus melakukan pengujian dengan fokus di beberapa bagian. Kami melakukan berbagai tes, termasuk perbandingan sasis dan menemukan beberapa poin positif dan negatifnya. Selain itu, kami telah meningkatkan stabilitas pengereman, yang pada awalnya saya merasa mendapatkan kesulitan,” ungkap Marquez.

“Tetapi, pada akhirnya kami bisa atasi hal tersebut dengan diskusi yang baik. Saya berharap bahwa besok kami dapat melanjutkan dengan cara yang sama, karena kami tetap konsisten dan yang penting tetap cepat di atas lintasan,” tambahnya.

Problem Honda selama ini adalah permasalahan di sirkuit yang mempunyai tikungan lambat. Di hari pertama, Honda udah ngubah air intake lebih besar, agar jumlah udara yang masuk bisa melimpah, dan tentunya akselerasi pun meningkat. Makin sip lagi, pada sistem pengereman dan sasis juga ditingkatin dan pemilihan ban yang cocok.

Text: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Courtesy of motogp, Join us on Facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  341 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !