Yogi Airbrush, Berawal dari Otodidak dan Saling Sharing ke Sesama Airbrusher
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-EXPERTIZE
06
Feb
2014

Yogi Airbrush, Berawal dari Otodidak dan Saling Sharing ke Sesama Airbrusher

  28059   0

yogi-airbrush

JAKARTA, ME. Brader n sista pengen tampilan motor terlihat lebih berbeda dan lebih berseni? Coba deh untuk dikelir dengan sistem airbrush. Bengkel spesialis airbrush yang satu ini punya banyak karya yang bisa jadi inspirasi bradsis. Bagian yang terpenting, doi gak mau mematok harga. Mau tau lebih dalam mengenai karyanya? Yuk, simak terus penjelasan doi.

Berawal dari Iseng Corat-coret

Prioprayogi yang akrab disapa Yogi ini sudah berkecimpung di dunia airbrush selama 3 tahun. Awalnya, Yogi maniak banget sama yang namanya modifikasi motor. “Waktu saya main di dunia modifikasi motor, untuk pengecatan body awalnya selalu diberikan ke orang lain. Maksudnya, bukan saya sendiri yang mengecat. Berhubung saya orangnya bosenan dengan motif yang itu-itu aja, akhirnya saya mengecat dan mendesainnya dengan tangan saya sendiri,” jelas brader kelahiran Jakarta tahun 1989 ini.yogi-airbrushyogi-airbrush

Ada benernya juga yang dibilang Yogi ini bradsis. Kalo karya sendiri kan pasti lebih puas. Lagian, pengeluaran juga gak berlebihan jadinya. Hehehe..

“Awalnya, cuma iseng-iseng aja corat-coret body sendiri. Terus lama-lama karena temen-temen lihat hasil karya saya sendiri memuaskan, akhirnya mereka pada minta ngecatin body-nya dengan berbagai motif ke saya. Nah, dari situ saya udah mulai berani terjun ke dunia airbrush,” lanjut Yogi yang sekarang sudah memiliki studio airbrush di rumahnya yang terletak di kawasan Jakarta Barat ini.

Uniknya lagi nih bradsis, Yogi dapetin ilmu airbrush ini bisa di bilang otodidak alias tanpa guru. Untuk memperdalam ilmunya, doi cuma ngandelin tutorial airbrush di situs youtube. Selain itu, Yogi juga dapet ilmu ini dari hasil sharing ke sesama pelaku airbrush di Indonesia ini, contohnya KAI (Komunitas Airbrush Indonesia).

Nah, sekarang kita ngomongin soal harga nih bradsis, doi gak mau mematok biaya pengecatannya. Jadi, biaya di Yogi Airbrush ini tergantung dari permintaan desain dan pemilihan merk bahan catnya. Biasanya, Yogi juga mengecat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh customer. “Maklum, karena di bengkel saya ini kebanyakan mahasiswa atau anak SMA. Jadi, saya mencoba menyesuaikan dengan kocek mereka,” jelas Yogi.

Tentunya, Yogi ini gak nerima ngecat body motor aja bradsis. Doi juga nerima permintaan airbrush helm dan ngecat beberapa bagian dari mobil, seperti kap mesin, pelek, dan lain-lain. Mau dibikin motif realis, grafis, tribal, atau yang lainnya, doi pasti bisa bradsis.

yogi-airbrushyogi-brush

Meskipun Yogi gak mematok harga, tapi doi tetep ngasih kisaran harganya. Untuk realis, berkisar Rp 1,5-2 juta. Sedangkan untuk cat polos tanpa motif, sekitar Rp 600-1,2 juta, itupun tergantung banyaknya body yang mau dicat dan tergantung pemilihan merk catnya yang akan disemprotkan.

yogi-airbrushyogi-airbrush

yogi-airbrushyogi-airbrush

 

Nah, kalo untuk pengerjaan helm agak lumayan nih harganya, karena pengerjaannya yang bisa dibilang cukup rumit dan detail. Untuk helm, kisaran harganya antara Rp 400-600 ribu. Karena untuk menghilangkan bekas stiker-stiker dan cat lamanya pada helm cukup rumit bradsis.

yogi-airbrush

Biar hasil cat maksimal, tentunya Yogi memerlukan oven untuk mengeringkan cat supaya lebih sempurna. Akhirnya, doi menyulap atap rumahnya menjadi tempat mengeringkan cat. Uniknya lagi, gak hanya berfungsi buat oven aja bradsis, kalo lagi pada nongkrong, tempat ini bisa di gunakan buat tidur-tiduran juga, hehehe…

yogi-airbrushyogi-airbrushYogi Airbrush

 

Gimana bradsis, hasil karyanya brader Yogi ini? Pastinya keren-keren banget dong. Buat yang penasaran atau yang berminat, langsung aja samperin ke bengkelnya di Jl. Kembangan Baru, Blok C NO.5, Jakarta Barat. Mungkin buat bradsis yang pengen konsultasi dulu, bisa telepon Yogi di 081294884717.

Text & photo: Fahrezi (rezimotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  779 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (50)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !