Modifikasi Yamaha Nouvo 2003: Duplikasi Nouvo 115i Thailand Untuk Pajangan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PARADE MODIFIKASI
06
Feb
2014

Modifikasi Yamaha Nouvo 2003: Duplikasi Nouvo 115i Thailand Untuk Pajangan

  89756   0

Yamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari Lunatic

JAKARTA, ME. Konsep yang diusung dalam memodifikasi motor bisa dateng dari mana aja bradsis, termasuk dalam memodifikasi skutik. Seperti Yamaha Nouvo 2003 kepunyaannya Brader Agus Oxs ini bradsis. Cuma bermodal dari salah satu majalah Thailand yang banyak diisi skutik fashion ala Thailook itu, Agus langsung nemu konsep apa yang bakal dia angkat untuk skutiknya.

Berkiblat pada Tren di Thailand

Dari majalah tersebut, ternyata Agus kepincut sama striping serta corak cat dari Yamaha Nouvo 115i yang diproduksi di Thailand sana. Striping ini yang akhirnya diaplikasi pada besutannya. “Prosesnya lumayan ribet juga, karena striping Nouvo dari sana sama yang ada di sini lekukannya agak berbeda sedikit. Belum lagi buat corak catnya yang harus dimirip-miripin sama yang ada di cover majalah ini,” jelas Agus Oxs.

Yamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari LunaticYamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari Lunatic

Gak cuma itu doang, untuk memperkuat tampilan agar lebih terkesan minimalis nan elegan, beberapa aksesoris gak lupa dipasang pada Yamaha Nouvo yang biasa disebut Nouvo Lele ini bradsis. Contohnya seperti baut Probol yang menurutnya lagi ngetren di Thailand, karena selain warnanya memang mendukung lantaran dilumuri Chrome Polish, tapi baut ini bisa dibuka dengan dua jenis kunci, yaitu kunci T dan L.

Yamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari LunaticYamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari Lunatic

Thailook memang udah identik dengan ban cungkring. Buat kaki-kaki Yamaha Nouvo ini, ban depan dan belakang menggunakan merek dari Rubber dengan ukuran 45/90-17 dan 60/80-17. “Berhubung motor ini cuma buat display toko dan pajangan kontes doang, jadi gak cocok buat dipake harian. Kalo buat harian, ada lagi motor yang biasa gue pake,” imbuh Agus Oxs, bos dari rumah modifikasi skutik, Lunatic, yang bermarkas di Jl. Joglo Raya No. 51B/C, Jakarta Barat.

Yamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari LunaticYamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari Lunatic

Kesan elegan makin jelas dengan sentuhan krom pada beberapa part bradsis, seperti standar samping dan tengah, knalpot dan behel jok, serta cover knalpot bernuansa krom pelangi.

Yamaha Nouvo 2003, Nouvo 115i Dari Lunatic

Memodifikasi motor tanpa menghilangkan karakter asli dari motornya, di situlah nilai keistimewaannya. Apalagi, sekarang ini nilai harga jual skutik ini lagi naik lantaran banyak yang ngebet sama motor yang udah distop produksi alias diskontinyu oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Makanya, banyak kan orang yang ngebangun modifan dari motor baru. Tapi gue sebaliknya, motor yang udah cukup berumur ini, gue ubah jadi kelihatan baru lagi. Biar harga pasarannya tinggi lagi,” ucapnya.

Yamaha Nouvo 2003Yamaha Nouvo 2003

Modifikasi skutik memang selalu banyak cara, karena mau modelnya bagaimana pun tetep enak kok dipandang. Asalkan konsep dan tujuan buat garapan modifnya jelas dan terarah, kayak Yamaha Nouvo ini bradsis.

Pesan Inspiratif: Sayang banget kalo punya motor yang cukup berumur seperti Yamaha Nouvo ini tapi gak diurusin. Mending direstorasi lagi aja bradsis.

Saran Tim ME: Makin elegan kalo cover CVT dan arm dilapis krom juga.

Penilaian Tim ME: (7*) Keren, tiruannya mirip juga sama yang beredar di Thailand.

Note: (1*) Kacau Banget, (2*) Payah, (3*) Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa, (5*) Oke, tapi… (6*) Lumayanlah (7*) Bagus, (8*) Keren, (9*) Mantaff, (10*) Dahsyat

Data Modifikasi:
Ban Depan-Belakang: Rubber 45/90-17 & 60/80-17, Pelek: DID, Cakram: Mechatec, Sokbreker Depan & Belakang: Yoshimura & Kayaba, Cover Kipas: NUI, Stabilizer: Bikers, Dudukan Spakbor Depan: Trusty, Grip: Scott, Handle Rem: CRG.

Text & photo: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Join us on Facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  883 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !