Cegah Karat Pada Drat Mur dan Baut Dengan Cat Kuku
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
13
Feb
2014

Cegah Karat Pada Drat Mur dan Baut Dengan Cat Kuku

  23868   0
gunakan kutek untuk cegah karat bisa dilakukan
gunakan kutek untuk cegah karat bisa dilakukan
buka baut terlebih dahulu
buka baut terlebih dahulu
lumuri kutek keseluruh permukaan baut
lumuri kutek keseluruh permukaan baut
setelah dilumuri kutek semua pasang kembali
setelah dilumuri kutek semua pasang kembali
pasang dan kencangkan baut
pasang dan kencangkan baut

JAKARTA, ME. Banyak cara untuk cegah karat terutama pada bagian drat mur atau baut di setiap motor kita bradsis. Salah satu solusi termudah, praktis, dan ekonomis untuk cegah karat adalah dengan menggunakan cat kuku atau yang biasa disebut juga dengan kuteks.

Mudah dan Murah

Pasti gak banyak yang tahu kenapa kuteks bisa dipake untuk mencegah karat. Singkatnya, kuteks ini terbuat dari bahan kimia yang mengandung cat. Sebenarnya, cat kuku yang harganya murah pada umumnya tidak baik diolesin ke kuku, karena dikhawatirkan mengandung zat kimia yang berbahaya yang dapat merusak kuku. Nah, daripada ngerusak kuku, mending kita manfaatin aja untuk mencegah karat pada drat mur atau baut.

Pada saat membuka drat mur atau baut di motor, khususnya yang jarang dibuka seperti baut bagian handle, perpindahan gigi, standar samping, atau sokbreker, sering kali susah untuk dibuka bradsis. Kalau dipaksakan dengan menggunakan kunci pas maupun kunci ring, gak jarang malah rusak dan lebih parahnya lagi baut jadi patah atau dol. Itu semua disebabin karena karat bradsis.

“Sebagian besar penyebabnya berasal dari air yang menyusup melalui drat baut yang terperangkap di mur dan lama-kelamaan teroksidasi dengan udara, maka jadilah karat. Biasanya karena motor terkena air hujan atau karena motor yang sering dicuci, alhasil karat ini membuat mur dan baut makin menempel dan susah dilepas,” jelas mekanik bengkel JP Racing yang biasa disapa Gopin ini.

Nah, untuk mencegah timbulnya karat pada drat mur dan baut, caranya cukup gampang kok bradsis. Cukup ikutin langkah-langkah berikut:

  1. Sediakan cat kuku (kuteks), ada yang dijual dengan harga Rp 5000.
  2. Buka baut yang ingin kita cegah karat, semisal baut sokbreker belakang. Lalu, oleskan cat kuku di drat baut secara merata.
  3. Setelah dirasa cukup, biarkan hingga mengering, lalu pasang kembali.

Cat kuku atau kuteks yang udah mengering tadi bisa menghambat masuknya air melalui celah mur atau baut yang bisa menyebabkan karat. Gak susah kan caranya? Silakan dicoba bradsis!

 

Text: Kellix (andrimotorexpertz@gmail.com),
Photo: kelix
  578 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !