New Supra X 125 FI Bisa Ngecharge HP, Tapi Awas Overcharge!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
26
Feb
2014

New Supra X 125 FI Bisa Ngecharge HP, Tapi Awas Overcharge!

  13154   0

New Supra X 125 FI Bisa Ngecharge HP, Tapi Awas Overcharge!
 
JAKARTA, ME. PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperbaharui tampilan jagoannya yang ada di kelas bebek ini bradsis. Mereka baru aja merilis New Honda Supra X 125 PGM-FI dengan banyak perubahan, salah satunya adalah penambahan fitur New Power Charger. Dengan fitur ini, brader n sista bisa sambil ngecharge HP, tapi gak bisa sembarang HP.
 
Beda Output
Bebek injeksi terbaru Honda ini sekarang udah ngikutin perkembangan jaman banget bradsis. Pasti brader n sista yang pada punya smartphone sering banget ngalamin batere yang cepet abis dan bingung cari-cari colokan listrik. Kalo lagi di perjalanan, gak mungkin kan nyari-nyari colokan listrik untuk ngecharge HP. Nah, AHM menjawab kebutuhan brader n sista dengan nambahin fitur keren ini di New Supra X 125 Fi.
 
Soket charger ini letaknya ada di bagasi, tepatnya di bagian bawah jok. Di situ terletak soket atau colokan seperti yang ada pada mobil. Jadi, untuk bisa ngecharge HP di motor ini dibutuhin yang namanya travel charger. AHM gak mengikutsertakan charger ini, karena tiap HP atau smartphone bisa aja berbeda-beda.
 
New Supra X 125 FI Bisa Ngecharge HP, Tapi Awas Overcharge!
 
Bukan cuma bentuk colokannya aja yang bisa berbeda-beda bradsis. Tiap smartphone juga biasanya berbeda-beda kemampuan untuk menyerap daya saat sedang dicharge. Di tiap charger, pasti ada tulisan output sekian volt (V) dan sekian ampere (A). Nah, kalo bawaan pabrikan misalnya cuma mampu menyerap 5V - 50mA, begitu diisi dengan output 12V - 1A, bisa bahaya bradsis.
 
Emang pengisian akan memakan waktu yang cepat. Tapi kalo batere udah penuh dan tetep dicharge dalam waktu yang lama, nanti bisa terjadi overcharge. Overcharge sendiri juga berbahaya, bisa merusak bagian IC Power, atau lebih parahnya lagi batere bisa meledak.
 
New Supra X 125 FI Bisa Ngecharge HP, Tapi Awas Overcharge!
 
Saran tim ME, kalo brader n sista menggunakan fitur ini sebaiknya gak perlu lama-lama nyolokinnya deh. Biar gak terjadi yang namanya overcharge tadi bradsis.
 
Text & photo: Donny (donny@motorexpertz.com), Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  484 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !