Impresi ME: Hayabusa, Motor Bertenaga Dahsyat Dengan Handling Ringan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
FIRST RIDE
26
Feb
2014

Impresi ME: Hayabusa, Motor Bertenaga Dahsyat Dengan Handling Ringan

  14368   0

Suzuki Hayabusa

SENTUL, ME. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahun ini memang berjanji bakal mendatangkan beberapa moge-nya untuk dijual langsung di Tanah Air bradsis. Untuk menepati janjinya, pada Rabu (26/2) ini PT SIS baru aja uji coba empat motor CBU-nya di Sentul International Circuit secara internal dengan beberapa rekan media. Nah, ME juga berkesempatan untuk ngetest moge dari Suzuki ini bradsis. Salah satunya adalah motor yang pernah mendapat predikat motor tercepat di dunia, yaitu Suzuki Hayabusa GSX 1300R.

Tembus 255 km/jam di Sentul

Kesan pertama melihat Hayabusa memang bikin mata melirik bradsis, dengan tampilan fisiknya yang dinamis, juga sporty. Dengan panjang 2.195 mm ini, pasti udah terpikir motor ini memang berat untuk dikendarai. Tapi lain ceritanya kalo udah coba motor legendaris Suzuki yang dalam bahasa Jepang berarti ‘Burung Elang’ ini, riding position nyaman banget dan bikin motor ini makin enteng, apalagi begitu diajak cornering. Untuk powernya gak usah diragukan lagi bradsis, Hayabusa yang didukung dengan mesin 1340 cc, 4-stroke, 4 cylinder, liquid-cooled, dan DOHC ini diklaim menghasilkan torsi sekitar 102.3 lb·ft (139 N·m).

Kabarnya, Hayabusa sanggup melaju hingga kecepatan 299 km/jam. Tapi ketika tim ME test, cuma sanggup mencapai 255 km/jam bradsis. Maklum aja, mau terus geber motor ini di Sentul, trek panjangnya keburu habis. Dari segi suspensi, empuk dan nyaman, dan soal pengereman terjamin keamanannya karena sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Brake System).

Suzuki Hayabusa

Kalo bicara kekurangannya sendiri, sepertinya ada pada posisi setangnya bradsis. Riding position yang merunduk emang nyaman banget buat diajak ngebut, tapi jika dengan kondisi jalan raya perkotaan yang tiap hari penuh kemacetan, sepertinya bakal bikin cepat pegal. Secara, posisi rider yang membungkuk dan bobot 260 kg dari Hayabusa sepertinya kurang cocok sebagai motor harian.

Untuk soal harga, PT SIS masih belum mengumumkan karena masih mengunggu keputusan pemerintah soal kenaikan pajak impor kendaraan bermotor, dan kita tunggu aja pertengahan tahun ini saat peluncuran resminya.

Suzuki Hayabusa

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Kelik, Join us on fanpage & twitter: Motorexpertz, PIN BB: 7412A1C2

  579 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !