Sesi Tes Ban, Philip Island: Pedrosa Penuhi Kemauan Bridgestone
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
05
Mar
2014

Sesi Tes Ban, Philip Island: Pedrosa Penuhi Kemauan Bridgestone

  8419   0

Sesi Tes Ban, Philip Island: Pedrosa Penuhi Kemauan Bridgestone

PHILLIP ISLAND, ME. Semua pembalap pabrikan masih sibuk ngejalanin sesi tes ban terbaru Bridgestone di sirkuit Phillip Islan, Australia. Pada hari pertama, Jorge Lorenzo sukses jadi yang tercepat. Tapi di hari berikutnya, gantian Dani Pedrosa yang lebih unggul dari Lorenzo. Bukan soal catatan waktu, Pedrosa sukses ngejalanin tes ban baru selama 20 lap dibanding Lorenzo yang cuma tahan sebanyak 14 lap bradsis.

Unggul 6 Lap

Dengan cuaca yang mendukung, Pedrosa cuma mampu menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 1 menit 29 0.381 detik. Terhitung masih tertinggal 0.248 detik dari Lorenzo yang ada di posisi pertama. Meskipun demikian, dari total 58 lap yang dilahap Pedrosa, pembalap asal Spanyol ini tercatat sukses muterin sirkuit dengan ban baru itu selama 20 lap, unggul 6 lap dibanding Lorenzo.

Dengan demikian, pembalap Repsol Honda Team ini mampu memenuhi apa yang diinginkan Bridgestone dan memang sesuai dengan rencana Honda, dimana tes ban ini berjalan lebih dari 15 lap bradsis. Di hari kedua ini, Pedrosa ngetes lebih dari 2 ban dengan konstruksi yang berbeda, tapi dengan kompon yang sama. Menurut Pedrosa, percobaan ini berjalan dengan baik. Tapi, dari pihak Bridgestone sendiri harus menganalisa keakuratan data mereka dengan semua tim yang ikut tes ini.

"Hari ini kami mencoba lebih dari dua ban dengan konstruksi yang berbeda, tetapi dengan kompon yang sama. Dalam kasus apapun, kami memilih yang terbaik dari apa yang telah kami coba selama dua hari. Apalagi, saya bisa menjalankan tes ini dengan 20 lap," ujar Pedrosa.

"Percobaan berjalan dengan cukup baik, tetapi Bridgestone benar-benar harus menganalisa data dan memberi feedback bagi kita untuk bekerja dengan lebih baik lagi," tambah Pedrosa.

Selama dua hari uji coba ini, ketiga pabrikan (Honda, Yamaha, dan Ducati) masih belum nemuin permasalahan ban baru dari Bridgestone bradsis. Ban baru yang dikeluarin Bridgestone emang secara khusus dibuat lebih kuat lagi dari tahun sebelumnya. Rencananya, semua pembalap dari ketiga pabrikan tadi diharuskan mampu ngelakuin simulasi balapan layaknya balapan resmi.

 

Testing Results

  Phillip Island Testing

Pos.

Rider

Num.

Nation

Team

Constructor

Time/Gap

1

Jorge Lorenzo

99

ESP

Yamaha Factory Racing

Yamaha

1'29.133

2

Dani Pedrosa

26

ESP

Repsol Honda Team

Honda

1'29.381

3

Andrea Dovizioso

4

ITA

Ducati Team

Ducati

1'29.387

4

Valentino Rossi

46

ITA

Yamaha Factory

Yamaha

1'29.516

5

Cal Crutchlow

35

GBR

Ducati Team

Ducati

1'29.660

Text: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Courtesy of Repsol Honda Team, Join us on facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  374 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !