Jelang MotoGP 2014: Duo Monster Tech 3 Takjub Dengan Girboks Seamless
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
15
Mar
2014

Jelang MotoGP 2014: Duo Monster Tech 3 Takjub Dengan Girboks Seamless

  5211   0

Jelang MotoGP 2014: Duo Monster Tech 3 Takjub Dengan Girboks Seamless
 
LOSAIL, ME. Girboks seamless emang diterima dengan baik oleh semua pembalap bradsis. Gak ada yang kecewa tentang performa dari girboks modern ini, termasuk duo pembalap tim satelit Yamaha Monster Tech 3, Bradley Smith dan Pol Espargaro. Mereka berdua takjub sama girboks seamless yang menempel pada mesin YZR-M1 mereka bradsis.
 
Lebih Stabil
Jelang musim 2014 ini, kedua pembalap yang sama-sama berasal dari Moto2 ini udah nyobain gimana performa motor mereka dengan girboks seamless pada sesi tes pra-musim kedua di Sepang dan saat di Qatar. Keduanya sepakat girboks ini bikin motor mereka jadi lebih mudah dikendarain. Peningkatan stabilitas saat naikin gigi juga jadi salah satu kelebihan yang ditawarkan girboks seamless ini bradsis. 
 
Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi udah duluan nyobain girboks ini di beberapa seri terakhir pada musim lalu. Musim ini baru giliran tim Monster Tech 3 dapet kesempatan pake girboks seamless di motor mereka. Mereka yakin ini bakal menunjang performa mereka untuk bisa bersaing ketat dengan rival-rival terberat mereka lainnya.
 
Jelang MotoGP 2014: Duo Monster Tech 3 Takjub Dengan Girboks Seamless
 
"Dibanding langkah yang besar, ini membuat tugas kami menjadi lebih mudah. Dari segi performa, sulit untuk membicarakan perbandingannya. Jika hanya satu lap mungkin tidak ada bedanya. Namun, jika dalam kondisi balapan ini akan memberi keuntungan yang besar," ungkap Smith.
 
"Tentunya girboks ini juga membantu daya cengkram ban dan memberikan keseimbangan lebih pada motor. Saya jadi lebih mudah untuk mencatat waktu dengan ban yang lama," sambungnya.
 
Jelang MotoGP 2014: Duo Monster Tech 3 Takjub Dengan Girboks Seamless
 
Pol Espargaro sendiri punya pendapat yang beda dari rekan setimnya tadi bradsis. "Saya pikir, girboks ini membuat saya setengah detik lebih kencang, tapi itu tidak benar. Girboks ini membuat Anda merasa kencang, tapi sebenarnya tidak seperti itu," ujar Pol Espargaro.
 
"Saat ada di tengah tikungan dan harus menaikkan gigi saat keluar tikungan, motor terasa lebih stabil. Wheelie pun jarang terjadi, kalaupun terjadi wheelie, itu masih bisa dikontrol. Selain itu, kontrol traksi juga jadi bekerja lebih sedikit. Butuh waktu untuk memahami girboks seamless ini, tapi yang jelas ini sangat bagus," terang Pol Espargaro.
 
Musim ini, semua pembalap di kategori Factory udah punya girboks seamless di motor mereka bradsis. Girboks seamless ini yang bakal bikin persaingan di MotoGP 2014 ini bakal menjadi semakin ketat dan menarik.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of motogp, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  183 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !