MotoGP 2014, Qatar: Gak Jelas Penyebabnya, Bautista Alami Crash yang Aneh
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
26
Mar
2014

MotoGP 2014, Qatar: Gak Jelas Penyebabnya, Bautista Alami Crash yang Aneh

  5614   0

MotoGP 2014, Qatar: Alvaro Bautista; Kecelakaan Yang Aneh!

LOSAIL, ME. Sayang sekali kesempatan Alvaro Bautista untuk ngeraih podium pertama di musim ini harus tertunda bradsis. Sama seperti ketiga pembalap lainnya, Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, dan Bradley Smith. Bautista gagal finish lantaran crash dan sampe sekarang dia sendiri bingung apa penyebabnya.

Antara Rem, Ban, dan Butiran Pasir

Tapi, menurut analisis ME sih kemungkinan besar butiran pasir yang jadi penyebabnya. Kondisi trek Losail, Qatar, sendiri emang udah kotor dan gak kondusif sejak awal. Hal ini udah dirasain duluan sama para pembalap satelit dan kategori Open yang ngelangsungin sesi tes pra-musim terakhir di sana.

Bautista ngungkapin, sepanjang jalannya balapan doi mengaku ngalamin masalah dengan motornya di bagian rem. Dengan kondisi trek diselimuti butiran pasir, pastinya trek pun licin. Ban tipe slick udah pasti bakal berkurang traksinya saat ketemu pasir. Meskipun begitu, Bautista sendiri masih belum yakin apa penyebab utamanya.

"Untungnya saya baik-baik saja, tapi itu kecelakaan yang aneh. Padahal, saya memasuki tikungan kedua dengan cara yang sama seperti lap sebelumnya, tapi saya tiba-tiba kehilangan kontrol di bagian depan," ucapnya.

"Saya punya beberapa masalah dengan rem saat balapan. Saya tidak tahu apakah ini memang jadi penyebabnya, namun saya sangat menyesali itu. Padahal, sebelum kecelakaan itu menimpa, saya sedang berjuang untuk meraih kemenangan. Awalnya saya tidak begitu baik, tapi secara bertahap saya bisa mengisi posisi terdepan," ungkap Bautista.

"Pada satu titik, mungkin saya bisa ada di tempat kedua dan pasti bisa naik podium. Saya meminta maaf atas kejadian ini terhadap tim dan juga untuk fans. Saya berharap agar bisa membawa pulang hasil positif di kesempatan berikutnya," tutupnya.

Sebenarnya, gak cuma Bautista doang yang ngerasa aneh tentang kecelakaannya bradsis. Bradl pun ngerasain hal yang sama, pembalap asal Jerman ini masih belum nemuin penyebab utama dari crash yang menimpanya.

Kalo emang ban yang bermasalah, Bridgestone pasti bakal dipanggil Dorna untuk melakukan riset. Sedangkan kalo masalahnya adalah butiran pasir, berarti pihak sirkuit Qatar yang akan dipanggil. Wah, bisa-bisa sirkuit Qatar dicoret dari kalender MotoGP nih musim depan nanti.

Text: Dhimz (dimasmotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Courtesy of crash.net, Join us on Facebook: Motorexpertz and Twitter: @MotorExpertz

  178 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !