MotoGP 2014: Pentingnya Komunikasi Dalam Sebuah Tim
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
28
Mar
2014

MotoGP 2014: Pentingnya Komunikasi Dalam Sebuah Tim

  5847   0

MotoGP 2014: Pentingnya Komunikasi Dalam Sebuah Tim
 
LOSAIL, ME. Valentino Rossi udah membuktikan peningkata yang cukup signifikan di awal musim 2014 ini bradsis. Peningkatan ini diawali dengan langkah besar yang dia ambil sebelum MotoGP 2014 dimulai, yaitu dengan mengganti kepala mekaniknya. Dengan kepala mekaniknya yang baru, Rossi mampu membangun komunikasi yang baik dalam timnya.
 
Sesama Orang Italia
Rossi mengganti Jerry Burgess yang udah menjadi kepala mekaniknya ari awal karir Rossi di kelas premier ini bradsis. Setelah dua musim terseok-seok bersama Ducati, Rossi yang mutusin balik lagi ke Yamaha ternyata gak cukup kompetitif untuk nandingin rival-rivalnya di kelas MotoGP.
 
Pembalap asal Italia ini pun mengganti kepala mekaniknya dengan Silvano Galbusera yang juga merupakan orang Italia. "Saya sangat suka bekerja dengan Silvano. Saya senang. Saya merasa OK bekerja dengan Jerry, tapi saya merasa lebih baik lagi dengan Silvano," ungkap Rossi.
 
MotoGP 2014: Pentingnya Komunikasi Dalam Sebuah Tim
 
"Dia bekerja sangat keras dan selalu ingin mencari sesuatu yang lebih baik. Dia tipikal orang yang tidak cepat senang. Saya juga senang karena ada atmosfir yang baik dengan para teknisi Australia saya yang sangat terkejut pada awalnya dengan perubahan ini. Sekarang mereka pun merasa baik dengan Silvano dan ini penting," sambung Rossi.
 
Satu lagi yang paling penting adalah komunikasi di dalam tim bradsis. Karena sesama orang Italia, Rossi pun mampu membicarakan detail dan strategi yang lebih baik dengan kepala mekaniknya ini. "Berbicara bahasa Italia untuk detail sangatlah penting," ujar Rossi.
 
Silvano pun sependapat dengan Rossi. Menurutnya, berbicara dengan bahasa yang sama sangatlah vital. Begitu pula dengan teknisi data di timnya Rossi, yaitu Matteo Flamigni yang juga merupakan orang Italia.
 
MotoGP 2014: Pentingnya Komunikasi Dalam Sebuah Tim
 
"Ada saatnya dimana kami berbicara bahasa Inggris, karena di sana juga ada teknisi dari Jepang. Tapi diskusi terakhir mengenai detail selalu menggunakan bahasa Italia. Ketika kami berdiskusi, 90% dari waktu diskusi melibatkan Matteo, dan lebih baik lagi untuk mendengarkan pendapat dari Rossi, mengecek data, dan mengambil keputusan. Hal ini bisa dilakukan lebih cepat ketika kami berbicara dengan bahasa yang sama," terang Silvano.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of motogp and yamahamotogp, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  164 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !