New Vario FI: Nyaman Di Tikungan, Mudah Dicari di Parkiran
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
FIRST RIDE
30
Mar
2014

New Vario FI: Nyaman Di Tikungan, Mudah Dicari di Parkiran

  7223   0

First Impresi New Honda Vario FI

JAKARTA, ME. Meskipun sudah hadir lebih dulu Honda Vario 125 PGM-FI, kini PT Astra Honda Motor (AHM) juga menghadirkan New Honda Vario FI untuk melengkapi komitmen mereka dalam menginjeksikan seluruh line up produknya, bradsis. New Honda Vario FI yang satu ini merupakan versi injeksi dari Vario 110 cc sebelumnya. Kayak apa rasanya? Nih, hasil impresi ME saat sesi test ride pada peluncurannya (28/3), kemarin.

ABS Bantu Cari Motor

Sebelum lanjut ngomongin performa, kita komentarin fitur-fiturnya dulu bradsis. Selain berteknologi injeksi PGM-FI, New Vario FI juga dilengkapi fitur canggih terbaru Honda yang dikasih nama ABS. Eits, ini bukan Anti-lock Braking System lho. ABS yang dimaksud di sini adalah Answer Back System yang fungsinya memberi respon suara sekaligus semua lampu sein akan menyala saat tombol remote dipencet. Sehingga bisa memudahkan untuk mencari motor di lokasi parkir. Wah, boleh dibilang baru Honda nih yang ngasih fitur kayak gini.

Lalu, fitur lainnya adalah Dual Keen Eyes LED Headlight. Dengan penerangan lampu LED, maka cahaya yang dihasilkan jadi lebih terang, daya listrik lebih irit, dan tahan lama bradsis.

First Impresi New Honda Vario FIFirst Impresi New Honda Vario FI

Bagian bodinya pun lebih modern, elegan, dan sedikit lebih besar dari Vario 110 cc versi sebelumnya di bagian tangki bensin hingga bagasinya. Riding position sangat nyaman dengan posisi setang yang pas dengan jarak jok. Soal kenyamanan, New Vario FI sepertinya lebih baik, karena ketinggian jok yang terendah di kelasnya, yaitu 734 mm, dan jarak terendah ke tanah pun disesuaikan lebih tinggi, yaitu 140 mm. Jadi pas banget buat postur orang Indonesia bradsis.

First Impresi New Honda Vario FIFirst Impresi New Honda Vario FI

Untuk segi performa, New Vario FI mengandalkan mesin 110 cc, SOHC, berpendingin udara, sama seperti yang dipakai pada All New Honda BeAT FI yang diklaim bisa menghasilkan tenaga 6,27 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 8,68 Nm pada 6.500 rpm. Tarikan pun enteng dengan postur tim tester ME yang mempunyai tinggi 165 cm, dan berat 80 kg. Tenaga yang dimuntahkan terasa ngisi terus dari awal. Begitu grip gas dibuka, terasa responsif. Dengan trek buatan yang berkelok-kelok, saat melewati tikungan pun motor ini tetap lincah dan stabil buat diajak cornering, bradsis

First Impresi New Honda Vario FI

Tapi ME menaruh perhatian khusus nih, terutama pada riding positionnya bradsis. Mungkin  buat motorexpertiz yang berpostur tinggi agak sedikit terganggu. Pasalnya, dengan tambahan bagasi di dek motor jadi memaksakan pengendara untuk lebih menekuk lutut dan terasa sempit. Jadi harus mundur sedikit, biar lutut enggak mentok. Kalo lagi riding sendirian mungkin gak masalah, tapi kalo lagi boncengan kasian yang duduk di belakang bradsis, jadi terasa sempit.

Secara keseluruhan, motor ini recomended buat motorexpertiz yang suka dengan matik elegan, trendi, dan fashionable, karena AHM memberi 5 pilihan warna, yaitu Posh White, Glam Red, Estillo Black, Grande White, dan Summer Blue.

First Impresi New Honda Vario FIFirst Impresi New Honda Vario FIFirst Impresi New Honda Vario FIFirst Impresi New Honda Vario FI

Text & photo: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Join us on fanpage & twitter: Motorexpertz, PIN BB: 7412A1C2

  359 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !