Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
PARADE MODIFIKASI
12
Apr
2014

Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!

  46948   0

Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!

TANGERANG, ME. Sama seperti brader n sista kebanyakan, Kevin Yonathan Candra sangat suka motor bertipe matic. Pemilik Yamaha Mio Soul lansiran 2009 ini juga kayaknya gak suka kalo motornya tampil standar. Dengan hanya mengubah sektor kaki-kaki bergaya Thailook dan menaikan performanya, Mio Soul miliknya menjadi buah bibir oleh kawan-kawan di sekolahnya.

Untuk Pembuktian

"Waktu awal punya, gue langsung aja bawa ke bengkel dan minta diubah ukuran standar mesinnya. Waktu itu, gue ditawarin pengen bisa kenceng tapi gak bisa buat harian atau pengen kenceng tapi bisa harian. Nah, dari situ gue jawab aja, kenceng tapi bisa harian dan juga pas sama kantong," ujar Kevin.Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!

Doi mengisyaratkan biar pengeluaran konsumsi bahan bakar gak terlalu boros, tapi power yang didapat makin nendang bradsis. Mesin pun dibore-up menjadi 57 mm dan dipadukan dengan karburator Suzuki Satria F150 dengan Pilot Jet 14 dan Main Jet 15. Belum lagi knalpotnya mengandalkan Tsukigi bradsis. Lihat dari barang-barang yang dipake, kayaknya sih gak mungkin gak boros nih.

Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!

"Ini dia upgrade performa skutik gue. Dari luar kelihatan standar, tapi kalo udah nengok ke dalemnya, lumayan juga kan isinya. Harian bisa, konsumsi bahan bakar juga lumayan irit lah, gak boros-boros banget. Sekali geber, dua tiga motor lewat," terang Kevin dengan nada sombongnya.

Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!Mio Soul 2009 ; Modifikasi Simple Yang Menjadi Buah Bibir

Begitu proses modifikasinya selesai, langsung aja doi bawa ke sekolah. Saat sedang naik motor bareng teman-temannya yang lain, cuma motornya Kevin ini aja yang semakin di depan bradsis. "Waktu jalan bareng dengan teman-teman gue, skutik gue paling depan dan gak ada yang bisa nyusul. Sejak itu, skutik gue langsung menjadi buah bibir di sekolah. Maklum, teman-teman gue belum pada tau soal jeroan motor ini," tutur Kevin.

Modifikasi Mio Soul 2009: Luarnya Gak Penting, yang Penting Dalemannya!

Mantap juga nih modifikasinya. Tapi jangan lupa brader, anak pelajar gak boleh maen kebut-kebutan ya. Kalo mau kebut-kebutan di sirkuit aja, sekalian ikut kejuaraan. Siapa tau bisa jadi pembalap yang berprestasi, bisa mengharumkan nama Indonesia.

 

Pesan Inspiratif : Motor harian emang sejatinya harus irit bradsis. Irit juga kadang gak cukup, pasti pengen juga bertenaga sekalian.

Saran Tim ME : Coba ditambahkan sedikit aksesoris dan dicat ulang bodinya dengan warna berbeda.

Penilaian Tim ME : (*7),  Bagus, ubahan sedikit, tapi mumpuni.

Note (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data Modifikasi :

Ban depan : Swallow 50/90-17, Belakang : FDR 50/90-17, Pelek : V-Rossi 140x17, Jari-Jari : TDR, Knalpot : Tsukigi, Shokbreker : G@ZI, Mesin : Bore-up 57mm, Noke As : Kawahara, Karburator : Satria FU, PJ & MJ : 14/15

Nama Bengkel : Yongs Concept Jl.Delta 8 No.46 Cimone, Permai, Tangerang, Banten.

Text & photo: Rendi Noice (rendimotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Join us on fanpage: Motorexpertz, twitter: @MotorExpertz

  581 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !