BMW Kembangkan Sistem Pencahayaan Organic Light-Emitting Diode (OLED)
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PRODUCT KNOWLEDGE
14
Apr
2014

BMW Kembangkan Sistem Pencahayaan Organic Light-Emitting Diode (OLED)

  13385   0
Lampu OLED pada motor BMW
Lampu OLED pada motor BMW
OLED
OLED

JERMAN, ME. Perusahaan otomotif asal Jerman, BMW, sedang mengembangkan sistem pencahayaan baru untuk mobil dan sepeda motornya bradsis. Mereka mulai mengembangkan sistem pencahayaan Organic Light-Emitting Diode (OLED). Teknologi ini menggunakan lapisan semi-konduktif yang sangat tipis dan terbuat dari polimer organik untuk menghasilkan cahaya.

Sistem pencahayaan OLED diklaim lebih efisien dan memancarkan panas lebih sedikit dibandingkan LED bradsis. Pencahayaan LED konvensional menggunakan reflektor untuk mengurangi efek kurang terang, karena bisa memancarkan cahaya ke satu titik dan menciptakan cahaya yang relatif homogen. Sedangkan OLED, dapat bersinar terang di daerah yang lebih luas tanpa sedikit kehilangan intensitas cahaya dan dengan demikian tidak perlu permukaan reflektif yang besar.

Lapisan semi-konduktif dalam OLED sangat tipis bradsis, dengan seluruh rangkaian pemancar cahaya lapisan aktif berukuran sekitar 150 kali lebih tipis dari rambut manusia. Lapisan semi-konduktif ini tertutup rapat dengan lapisan antara dua plat kaca atau film plastik. Gabungan dari semua lapisan ini memiliki ketebalan antara 0,8-1,5 mm.

Tapi pada saat ini, teknologi OLED belum cukup sempurna untuk benar-benar memberikan semua pencahayaan pada kendaraan bermotor bradsis. Kepadatan cahaya OLED saat ini hanya memadai untuk lampu belakang alias lampu rem. Kini, BMW membuat sebuah prototipe dari desain OLED pada lampu belakang yang akan diaplikasi pada BMW K1600GTL bradsis.

Teknologi OLED ini akan diaplikasikan pada buritan, rem, dan lampu sinyal/sein dengan penyempurnaan dari LED konvensional. Pengaturan hybrid ini tidak menghilangkan beberapa keuntungan dari OLED dan memungkinkan efek pencahayaan tiga dimensi. Widih, mantep nih bradsis.

Dengan pengembangan OLED ini, BMW yakin dapat memperkenalkan OLED hybrid yang sama dengan pencahayaan LED pada sepeda motor produksi dalam dua atau tiga tahun ke depan bradsis. Tapi, saat ini mereka hanya fokus untuk mengembangkan lampu rem belakang, lampu indikator. Bahkan jika sempurna, semua lampu pada produk BMW bakal menggunakan teknologi OLED.

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com),
Photo: courtesy motorcycle.com
  554 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !