Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
PRODUCT KNOWLEDGE
25
Apr
2014

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

  260552   1

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..
TANGERANG, ME. Setelah YZF-R15 resmi mengaspal pada hari Rabu (23/4), pasti makin banyak lagi brader n sista yang berminat meminang motor sport injeksi terbaru dari Yamaha ini. Meskipun tampilan udah cukup oke, tapi pasti gak sedikit brader n sista yang masih kurang puas dan pengen memodifikasi R15.Banyak yang Bisa Diubah

Dari segi tampilan, boleh dikatakan R15 memang udah mempunyai daya tarik bagi brad n sist yang gila sama motor bergenre sport. Tapi kalo mau makin oke lagi, ada beberapa part yang bisa brader n sista ganti atau tambahkan. "Sebetulnya, R15 udah oke banget tampilannya. Tapi kalo untuk dimodifikasi, perlu beberapa tambahan biar semakin oke," ujar pemodifikator kawakan, Rudy Gunawan selaku juragan Berkat Motor (BM).

Untuk bagian lampu, lebih bagus kalo disematkan model projector bradsis. Biar makin mirip sama kakak tertuanya, yaitu YZF-R1. Tapi kalo dari fairing udah gak perlu diubah lagi, udah pas sama motor bergenre sport.

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

Di bagian tangki bensin, Rudy mempunyai pendapat tersendiri bradsis. "Tangki bensinnya seperti Yamaha Vixion pertama, jadi biar terlihat lebih keren lagi kudu dipakaikan kondom milik R6 ataupun diganti, lebih sempurna disematkan tangki bensin New Vixion Lightning (NVL). Soalnya, milik NVL bakalan cocok kalo disematkan ke R15," ujar Rudy.

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

Biar posisi riding makin merunduk dan bagian buritan makin terlihat nungging, sokbreker depan bisa diturunin 2 cm. Biar yang dibonceng makin nyaman, pake jok R6 bisa jadi solusinya bradsis. "Tergantung siapa yang punya motornya. Kalo kepengen agak merunduk dan kelihatan nungging dari belakang, sokbreker depan diturunin 2 cm aja udah cukup. Apalagi kalo ridingnya berdua, joknya pas banget nih kalo dipakaikan R6," tutur Rudy.

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

Sekarang berpindah ke bagian kaki-kaki bradsis. Untuk ban belakang, Rudy menyarankan lebih pas menggunakan ukuran 140/60-17 atau 150/60-17. Sebenernya brader n sista bisa juga masukin ban ukuran 160/60-17, tapi tutup rantai harus jadi korban, dicoak 1 cm bradsis. Sedangkan peleknya, paling lebar R15 bisa menggunakan ukuran 4,5 inci.

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

"Swingarm banana udah pas, gak harus diganti. Karena produk dari Yamaha gak ada yang lawan kualitasnya, R6 banget. Swingarm R15 yang warna hitam, kalo dicat menyerupai warna bodi pasti keren deh. Bodi udah merah, warna swingarm merah juga pasti tambah sangar," terang Rudy.

Tapi kurang lengkap nih kalo belum ngomongin knalpot, betul gak? Nah, biar aura sport makin kental, knalpot bawaan R15 yang terlalu panjang bisa diganti dengan knalpot racing yang lebih pendek. Kalo mau knalpot standar tapi keren, coba intip knalpotnya R125 deh bradsis.

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

"Knalpot R125 posisinya lebih pendek dari pada punya R15.. Tapi kalo bicara keseluruhan, R15 memang udah pas banget dimodifikasi aliran sport. Gak mungkin juga kan dibuat naked, ataupun model lainnya. Kalo pengen lebih ekspresif lagi, ada beberapa part yang bisa diganti," tukas Rudy.

"Lampu sein ganti dengan LED, undercowl dipanjangin lagi biar mirip model MotoGP, crankcase di-carbon printing biar makin nampol kelihatannya, dan selebihnya pemakaian aksesoris deh," lanjut Rudy.

Masih Kurang Puas? Yuk, Modif R15..

Buat brader n sista yang gatel pengen ngemodif R15, saran dan masukan dari punggawa Berkat Motor boleh juga tuh dijadiin referensi bradsis.

Text: Rendi Noice (rendimotorexpertz@gmail.com), Text editor: Donnyantoro, Photo: Dok.ME, Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz

  717 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Untuk pengaplikasian ban belakang ukuran 160/60 dengan velg 4,5 apa selain mencoak tutup rantai tidak mencoak arm juga ?
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !