Jelang MotoGP 2014, Argentina: Bridgestone Yakin Bukan Bannya yang Salah
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
26
Apr
2014

Jelang MotoGP 2014, Argentina: Bridgestone Yakin Bukan Bannya yang Salah

  3013   0

Jelang MotoGP 2014, Argentina: Bridgestone Yakin Bukan Bannya yang Salah
 
TERMAS DE RIO HONDO, ME. Di seri ketiga MotoGP 2014 yang digelar di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, masih ada beberapa pembalap yang mengeluh tentang grip ban Bridgestone yang kurang mumpuni. Padahal, Bridgestone yakin bannya udah cocok banget dengan karakter sirkuit ini dan bisa bertahan sampe 25 lap.
 
Sesuai Dengan Perkiraan
Kejadian musim lalu di Phillip Island masih teringat dengan jelas bradsis. Kondisi aspal yang baru membuat ban cepat terkikis dan memaksa balapan MotoGP digelar dengan sistem flag-to-flag. Di sirkuit Termas de Rio Hondo pun beberapa pembalap mengeluhkan hal yang serupa.
 
"Saya punya banyak masalah dengan ban belakang, baik soft maupun hard. Saya pikir ini mustahil untuk balapan, karena setelah lima lap mereka langsung hancur. Motor tidak mendapat grip dan sangat susah dikendalikan," ungkap Andrea Iannone.
 
Jelang MotoGP 2014, Argentina: Bridgestone Yakin Bukan Bannya yang Salah
 
Sirkuit yang kotor dan sedikit berpasir juga jadi salah satu faktor ban yang digunakan menjadi cepat habis dan tidak mendapat grip yang maksimal. Bridgestone udah punya data dari empat pembalap yang tahun lalu ikutan tes di sirkuit ini. Menurut mereka, kondisi yang sekarang udah sesuai dengan perkiraan bradsis.
 
"Kondisi sudah seperi yang kami perkirakan, denga permukaan trek yang berpasir menyebabkan ban cepat terkikis dan grip rendah. Masalah ini juga diperburuk dengan rendahnya temperatur trek. Tapi kami yakin ini akan membaik di tiap sesinya," ternang Shinji Aoki selaku manajer pengembangan ban Bridgestone.
 
Untuk sesi Free Practice 2, beberapa pembalap emang ada yang nunjukin peningkatan bradsis. Ini berarti ketahanan ban dan tingkat grip juga udah mulai meningkat dibanding saat Free Practice 1.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of crash.net, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  128 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !