Satu Silinder Sudah Cukup, Buat Apa Pakai Dua Silinder
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
17
Mei
2014

Satu Silinder Sudah Cukup, Buat Apa Pakai Dua Silinder

  10557   0

Satu Silinder Sudah Cukup, Buat Apa Pakai Dua Silinder
 
JAKARTA, ME. Honda All New CBR250R udah resmi dirilis PT Astra Honda Motor beberapa hari yang lalu. Motor sport injeksi dengan full fairing ini masih mempertahankan mesin dengan satu silindernya bradsis. Honda pun punya alasannya mengapa mereka tetap andalkan satu silinder.
 
Karakter Jalan di Indonesia
Satu Silinder Sudah Cukup, Buat Apa Pakai Dua SilinderCBR250R udah sering dibanding-bandingkan dengan Kawasaki Ninja 250, karena emang dua motor ini doang yang sekarang mengaspal di Indonesia. Perbedaan keduanya ada di bagian mesinnya bradsis, Ninja 250 menggunakan dua silinder, sedangkan CBR250R masih satu silinder.
 
Gak sedikit yang brader n sista yang mendambakan CBR250R dengan dua silinder. Tapi tampaknya hal itu bakal sia-sia, karena Honda punya alasan tersendiri mengapa mereka mempertahankan jagoannya ini dengan satu silinder.
 
"Kalau kita bandingkan dengan kompetitor, power-nya tidak jauh berbeda. Power-nya dengan satu silinder pun sudah lebih baik dari kompetitor. Dengan berat yang ringan, drive ability juga akan lebih baik saat di jalanan," ujar Makoto Dohi, selaku perwakilan Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd.
 
Memang berat antara CBR250R dengan Ninja 250 cukup besar bradsis. Selisihnya 8 kg, lebih berat Ninja 250. Selain itu, peraturan di Indonesia yang belum membolehkan motor masuk jalan tol juga jadi pertimbangan.
 
"Di Indonesia saat ini, untuk motor belum bisa masuk tol. Dengan satu silinder sudah cukup untuk jalanan biasa," tambah Makoto.
 
Satu Silinder Sudah Cukup, Buat Apa Pakai Dua Silinder
 
Menurut Makoto, mesin satu silinder yang digunakan di All New CBR250R juga udah cukup responsif bradsis. Pada jarak 0-50 meter, CBR250R mampu menempuhnya dalam waktu 3,15 detik. Sedangkan Ninja 250 butuh waktu 3,5 detik. Pada jarak 0-100 meter, All New CBR250R hanya butuh waktu 9,9 detik. Sedangkan Ninja 250 butuh waktu 9,95 detik.
 
"Dengan pertimbangan tadi, kami beranggapan bahwa mesin ini sudah cukup untuk karakter jalan di Indonesia," tutup Makoto.
 
Text and photo: Donny (donny@motorexpertz.com), Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  351 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !