MotoGP 2014, Prancis: Finish Keenam, Panjang Lebar Alasan Lorenzo
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
19
Mei
2014

MotoGP 2014, Prancis: Finish Keenam, Panjang Lebar Alasan Lorenzo

  6042   0

MotoGP 2014, Prancis: Finish Keenam, Panjang Lebar Alasan Lorenzo
 
LE MANS, ME. Selesai seri kelima MotoGP 2014, Jorge Lorenzo masih mengaku ban menjadi kendala yang membuat performanya turun. Gak cuma ban doang bradsis, masih ada alasan lainnya yang bikin Lorenzo cuma bisa finish di posisi keenam di sirkuit Le Mans, Prancis.
 
Grip dan Setting
Sejauh lima seri berjalan di musim ini, Lorenzo baru sekali doang ngerasain podium bradsis. Bermacam-macam masalah yang melanda Lorenzo agar gagal meraih podium. Mulai dari masalah ban, hingga masalah setting motor.
 
Ban terbaru Bridgestone ini emang ngasih masalah untuk kedua pembalap pabrikan Yamaha. Tapi bedanya, Valentino Rossi udah berhasil mengatasi masalah ini. Sedangkan Lorenzo, dia mengaku masalah ban ini masih melanda di Le Mans.
 
MotoGP 2014, Prancis: Finish Keenam, Panjang Lebar Alasan Lorenzo
 
"Grip ban ini lebih bagus saat menikung. Tapi segera setelah motor tegak kembali, ban ini mengalami spin. Di bagian tengah ban, traksi sangat terasa kurangnya. Sama seperti di Qatar, Austin, dan trek lainnya. Akselerasi motor ini tidak sama seperti tahun lalu," ungkap Lorenzo.
 
"Bagaimanapun juga, semua merasakan hal yang sama. Di sini, Anda bisa menang jika berhasil beradaptasi dengan keadaan lebih baik dari yang lainnya. Kami sudah percaya diri lagi seperti tahun lalu, karena kami lebih konsisten, tapi untuk suatu alasan, pada dua seri belakangan ini saya tidak bisa menunjukkan potensi saya," sambung Lorenzo.
 
Meskipun Lorenzo mengaku percaya diri kembali dan tampil lebih konsisten, tapi pertanyaan besar tetap muncul bradsis. Kalo melihat seri kemarin, performa Lorenzo jelas menurun. Bahkan, Lorenzo bisa kalah dari Dani Pedrosa yang kondisi fisiknya sedang berada di bawah.
 
MotoGP 2014, Prancis: Finish Keenam, Panjang Lebar Alasan Lorenzo
 
Selain masalah ban, Lorenzo mengaku juga posisi start juga jadi faktor kekalahan lainnya. "Menurut saya, posisi start sangatlah penting, karena di beberapa tahun belakangan ini saya selalu start dari urutan pertama atau kedua. Jadi, saya bisa berkonsentrasi sangat baik untuk membalap," ujar Lorenzo.
 
"Tapi jika start dari posisi kelima, keenam, atau ketujuh, bagi saya saat ini tidaklah sama. Saya berjuang untuk bisa membalap dengan halus. Hal ini yang membuat saya tidak bisa membalap dengan baik, juga setting yang saya kira lebih baik saat warm-up, dengan temperatur ini menjadi lebih buruk," sambung Lorenzo.
 
Usaha yang dilakukan Lorenzo dan timnya padahal udah cukup keras bradsis. Mereka memindahkan lebih banyak berat ke bagian belakang. Tujuannya adalah pada saat temperatur aspal rendah, grip ban akan lebih terasa meskipun bagian depan cukup berkurang. Setting ini yang dipertahankan Lorenzo saat balapan kemarin bradsis, tak dinyana setting ini malah jadi faktor kekalahannya.
 
"Secara keseluruhan, saya tidak membalap dengan baik dan setting motor juga tidak membantu saya lebih kencang. Kita lihat saja apakah kami bisa start dari barisan pertama di Mugello dan membalap lebih baik dibanding di sini," tutup Lorenzo.
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Courtesy of yamahamotogp, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  173 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !