Tiga Faktor Mengapa R25 Pantas Disebut Baby M1
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-UPDATE
20
Mei
2014

Tiga Faktor Mengapa R25 Pantas Disebut Baby M1

  8031   0

Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M1
 
MEDAN, ME. Hari Kebangkitan Nasional (20/5) tahun ini ditandai juga dengan bangkitnya produk terbaru Yamaha, yaitu YZF-R25. Motor sport injeksi 250cc ini digadang-gadang sebagai turunan dari YZR-M1. Ada alasan kenapa Yamaha menyebut motor ini sebagai The Baby M1 bradsis.
 
R-DNA
Dari desain bodinya, jelas M1 mewarisinya ke R25 ini bradsis. Yamaha menyebutnya sebagai Mass Forward Silhouette Design. Lihat aja bagian lampu depannya, Yamaha menyebut bagian ini sebagai Predator Headlight. Tampilannya emang bengis bin agresif banget bradsis. Di tengah-tengah headlamp-nya, Yamaha menyematkan sporty air duct.
 
Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M1 Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M1
 
Sama seperti motor-motor Yamaha R series lainnya, bagian belakang pun dibikin meruncing. Lampu belakang juga udah pakai lampu LED. Masih ada lagi ciri khas dari R series bradsis, yaitu fairing multi layer di bagian kiri dan kanan R25 ini.
 
Untuk bagian kaki-kakinya, Yamaha menyematkan pelek aluminium dengan tapak ban lebar. Bagian depan berukuran 110/70-17 dan bagian belakang berukuran 140/70-17.
 
Sesuai tagline yang diangkat Yamaha, "A Superbike You Can Ride Everyday," ada 3 faktor penting kenapa motor ini bisa diklaim sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari bradsis. Ketiga faktor itu adalah Fastest, Lightest, dan Advanced.
 
Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M11. Fastest (Tercepat)
Superior Engine, mesin bertipe 4-langkah, 2-silinder segaris, berkapasitas 250 cc, DOHC, direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, sistem pembakaran injeksi YMJET-FI, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, dan pastinya teknologi MotoGP, yaitu DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.
 
2. Lightest (Teringan, Sporty Handling))
Kombinasi Diamond Frame dengan desain mesin yang kompak membuat motor ini enak diajak bermanuver bradsis. Belum lagi dukungan dari kaki-kakinya, suspensi depan dengan diameter inner tube 41 mm dan suspensi belakang monocross. Swingarm dengan model long asymmetric rear arm juga menambah kemampuan R25 bermanuver. Paling penting adalah mid ship muffler sebagai pusat dari gravitasi yang ngasih kontribusi cukup signifikan, weight distribution (distribusi bobot) merata, depan-belakang terbagi rata 50%. Berat keseluruhannya hanya 166 kg.
 
3. Advanced (Teknologi Terkini)
- Supersport speedometer berteknologi terkini dilengkapi dengan fitur shift timing indicator light, gear position, fuel consumption indicator, oil changing indicator, trip meter, FI diagnostic, temperatur mesin, & penunjuk waktu. (Multifunction meter)
- Sistem rem depan tipe Floating Disk dengan piston ganda.
- Rangka tipe diamond dengan treatment khusus yang memiliki 2 lapisan coating, electrodeposition coating untuk lapisan dasar dan dibalut lapisan atas yang membuatnya lebih tahan lama serta menjadi standar global untuk rangka motor. 
 
“Yamaha YZF-R25 dengan tenaga 26.5 kW (36 PS) dan dipadu dengan rangka tipe Diamond yang ramping serta distribusi berat yang sempurna membuat YZF-R25 mudah dikendarai. Sehingga layak menyandang sebutan ‘A Superbike You Can Ride Everyday’,” ujar M. Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
 
Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M1Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M1Tiga Faktor Mengapa R25 Disebut Baby M1
 
Yamaha menyajikan 3 varian warna untuk YZF-R25, antara lain Racing Blu (biru), The Predator Black (hitam), dan Diablo Red (merah). Satu unit R25 dibanderol Rp 53 juta (OTR Jakarta).
 
Text: Donny (donny@motorexpertz.com), Photo: Istimewa, Join us on fanpage: Motorexpertz and twitter: @MotorExpertz

  194 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !