Jelang MotoGP 2014, Spanyol: Masih Banyak yang Bisa Ditingkatin Dari M1
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
14
Jun
2014

Jelang MotoGP 2014, Spanyol: Masih Banyak yang Bisa Ditingkatin Dari M1

  8205   0
Jelang MotoGP 2014, Spanyol: Masih Banyak yang Bisa Ditingkatin Dari M1
Jelang MotoGP 2014, Spanyol: Masih Banyak yang Bisa Ditingkatin Dari M1

CATALUNYA, ME. Jorge Lorenzo mengaku bahwa YZR-M1 udah mengalami cukup banyak peningkatan, khususnya di bagian pengereman. Meski begitu, menurutnya masih banyak lagi yang bisa ditingkatin dari motor prototype bikinan Yamaha ini bradsis.
 
Sebelum musim 2013 dimulai, Lorenzo pernah meminta kepada Yamaha untuk dipasangin juga clutch-less downshift di motornya untuk bisa ngalahin Honda. Clutch-less downshift ini fungsinya adalah untuk nurunin gigi tanpa harus menarik tuas kopling. Honda dan beberapa pabrikan lainnya udah pake ini di motor mereka masing-masing.
 
"Dua tahun lalu saya meminta Yamaha untuk mengerjakan clutch-less downshift, karena Honda memilikinya, dan beberapa pabrikan lain juga. Yamaha bekerja sangat keras untuk bisa membuatnya. Tapi meskipun saya yang memintanya, di awal musim ini, ternyata ini malah memperburuk saya dibanding menggunakan istem kopling yang biasa," ungkap Lorenzo.
 
Berbeda dengan Rossi bradsis, pembalap asal Italia ini malah terus nunjukin peningkatan sedikit demi sedikit. Lorenzo bahkan sampai mengubah berbagai cara, termasuk mengubah posisi pedal rem untuk bisa bikin dia lebih nyaman saat di atas motor.
 
Pada beberapa balapan terakhir juga Lorenzo dan timnya berhasil ningkatin bagian elektronik pada M1 miliknya. Ditambah lagi, saat ini regulasi tentang rem juga udah berubah. Diameter rem karbon bertambah dari yang tadinya 320 mm menjadi 340 mm.
 
"Ketiga hal ini membuat Yamaha lebih baik saat pengereman, tapi menurut saya masih belum bisa dibilang sebagai potensi yang terbaik," ujar Lorenzo.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: MotoGP
  294 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !