Suzuki Skywave Pakai CDI Satria FU, Napas Panjang?
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
ME-REKOMEN
20
Jun
2014

Suzuki Skywave Pakai CDI Satria FU, Napas Panjang?

  91460   7
Skywave pakai CDI FU jadi makin bertenaga
Skywave pakai CDI FU jadi makin bertenaga

JAKARTA, ME. Bradsis, ada kabar bagus nih, buat pemilik skutik berlabel Suzuki, khususnya Skywave yang mau tarikannya lebih ngisi. Katanya sih, enggak perlu repot-repot upgrade performa. Caranya, cukup pasang CDI punya Satria FU-150. Karena peranti itu diklaim dapat memperbaiki pengapian di ruang bakar. Benarkah begitu? Nah, lewat rubrik ME-Rekomen, kita buktikan bersama yukk..
 

Power Meningkat

Sudah bukan rahasia lagi, kalo CDI Satria FU ini banyak diandalkan sama motorexpertiz pembesut Skywave karena dipercaya punya kemampuan seperti disebut di atas tadi bradsis. “Iya braderr... Skywave 2008 gue juga udah pake. Hasilnya, meski mesinya masih standar,  tarikannya berasa ngisi. Napas juga lebih panjang!” yakin Binto yang udah ganti CDI Skywavenya dengan punya si bebek super buatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) itu.

Hal ini pun diiyakan Hasan Basri dari Hasan Motor, bradsis. “Iya sih, banyak konsumen gue juga yang nerapin trik begitu. Ya, info dari mulut ke mulut, rata-rata bilang, ngerasa tarikan standar Skywave lebih ‘padet’  aja,” sahut mekanik yang bengkelnya ada di kawasan Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar ini.

Dari tinjauan teknis, masih menurut Hasan, pada CDI Satria, limiternya lebih tinggi. Terutama untuk produk-produk Satria FU versi 2009 ke bawah. “Tapi, efeknya akan lebih berasa kalo motornya udah diupgrade performanya juga, brad. Kalo standar mungkin akan berpengaruh, tapi enggak terlalu signifikan!” sambung pria humoris ini.

Lagi-lagi, pertanyaannya adalah, bener gak sih yang dibilang Hasan? Hhmm... rasanya perlu dibuktiin nih, bradsis. Makanya, langsung aja nyookkk... kita tes di Skywave langsung. Oh ya, sebagai media tes, dipakai Skywave edisi 2008 punya Binto yang masih perawan alias belom diapa-apain ya. Tapi ‘jam terbang-nya’ udah 32.000 km.
 
Pengetesan dilakukan di atas mesin dyno. Untuk Skywave standar milik Binto, tertera tenaga maksimalnya 7,873 dk/8.100 rpm, sedang torsinya ada di angka 11,378 Nm/11.673 rpm. Kemudian saat Skywave dipasangkan CDI Satria, power menjadi 7,960 dk/8.213 rpm dan torsinya 11,264 Nm/11.715 rpm.  Artinya, tenaga terkoreksi sedikit, yakni sekitar 0,087 dk. Tapi putaran mesin lebih tinggi sekitar 113 rpm. Sebaliknya, torsi malah turun 0,114 rpm pada putaran mesin lebih tinggi 042 rpm.  
      
Resume:
Dari hasil tes, memang ada perubahan tenaga. Tapi emang gak terlalu besar, bradsis. Hanya saja, putaran mesin juga lebih tinggi.  Efek yang dirasakan, biasanya memang tarikan di atasnya lebih panjang (ngisi di atas).  Intinya,  kalau mau upgrade performa Skywave dengan cara simpel, dengan cara ganti CDI-nya pakai punya Satria, cukup rekomen dah, bradsis. Apalagi kalo CDI milik standarnya emang udah bermasalah, trik seperti di atas bisa dilakukan. Toh, harga CDI Satria gak terlalu mahal kok, sekitar Rp 400 ribuan yang baru.

 

Text: By-You (redaksi@motorexpertz.com),
Text editor: By-You (redaksi@motorexpertz.com),
Photo: Dok ME & Berbagai Sumber
  854 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Boboho
Kalo CDI Satria yang baru2 pernah ngetes juga gak min?
Guest
Kalo di aplikasiin di motor suzuki spin gimana tuh bang?
Guest
Gue udah coba. Lumayan tarikan awalnya.
Guest
Di skydrive kok malah ak bisa ya? Motor malah gak mau hidup hidup....
Guest
Gan mau tanya klo carbu'a udah dgnti punya rx king trs pke cdi FU cocok ga? Makasih..
Guest
ceman cara ganti nya warna wayarnya harus ganti gk
Guest
Gan... Letak soket cdi di skywave dimana yah gan.... Terima kasih...
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !