Bengkel Press, Solusi Sip Motor Paska Celaka
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-REKOMEN
21
Jun
2014

Bengkel Press, Solusi Sip Motor Paska Celaka

  92688   0
Apapun Bisa Dipress asalkan masih batas wajar
Apapun Bisa Dipress asalkan masih batas wajar
Mesin press beragam, ada juga yang model manual
Mesin press beragam, ada juga yang model manual
Bagian kaki-kaki depan bisa dilurusin lagi
Bagian kaki-kaki depan bisa dilurusin lagi

JAKARTA, ME. Bengkel press pelek atau sasis, pasti semua motorexpertiz pernah denger. Tapi, masih banyak juga yang nanya; seefektif dan sesempurna apa hasilnya? Apa bener bisa ngembaliin ke kondisi semula 100 persen?  Tambah penasaran, sekarang bengkel penyedia jasa itu pun berjibun. Sampai akhirnya muncul juga pertanyaan, bengkel press mana yang paling oke?
 

Sesuai Tingkat Keparahan

Bengkel press pelek atau sasis, di dunia permotoran, bisa jadi salah satu pilihan solusi untuk memperbaiki besutan pasca mengalami kecelakaan seperti disinggung di atas. Selain emang tarifnya bervariatif, tergantung tingkat kerusakan (berat atau ringan), juga banyaknya bagian motor  yang harus dipress. “Tarifnya sih terjangkau brad, antara Rp 20 ribuan sampai ratusan ribu juga bisa, tergantung tingkat kerusakan dan kesulitan,” bilang Rio, yang pernah ngepres pelek motor Honda Supranya.

Enggak cuma jenis pekerjaan yang dilakukan yang beragam, tapi metode yang diterapkan para bengkel press juga bervariatif. Dari yang mengandalkan trik manual dengan sistem ketok dan peralatan sederhana, sampai yang menggunakan mesin khusus. Cuma ya itu, balik ke pertanyaan di atas, hasilnya gimana? Apakah bisa kembali ke kondisi semula?

Nahh.. untuk membuktikan itu, Tim ME di rubrik ME-Rekomen pun melakukan simulasi. Caranya, dikumpulkan 3 orang yang mengalami masalah pada motornya, masing-masing Mr. A, bermasalah pada pelek racing di motor Suzuki Satria F150,  Mr. B bermasalah pada bagian setang di motor bebek Honda Revo dan Mr. C bermasalah pada bagian sasis di skutik Yamaha Mio Sporty.

Ketiganya, diminta untuk menyambangi bengkel press yang dipilih secara acak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.  Dari sana, akhirnya baru ketahuan, untuk menyelesaikan masalah memang beda-beda. Intinya, kalau problemnya ringan dan enggak terlalu parah, proses pekerjaan bisa selesai dalam hitungan jam. Tapi kalau parah, kemungkinan bisa 2 sampai 4 hari. “Tergantung hasil akhirnya yang diinginkan konsumen juga, kok. Contoh ngepres pelek racing, kalau pengen sampe dicat lagi dan rapi, paling lama 2 hari di tempatnya Anci Motor di kawasan Ciledug, Tangerang,” bilang Mr. A.  
 
Resume:

Dari hasil uji simulasi, bengkel press cukup bisa diandalkan dan jadi solusi yang efektif untuk memperbaiki bagian motor yang bermasalah setelah mengalami insiden tabrakan, sehabis jatuh atau setelah menghajar lubang. Hanya saja, problem yang ditangani tentu masih masuk kategori wajar alias bukannya hancur lebur juga, bradsis. Misal ngelurusin yang bengkok, peyang atau melintir. Hasil akhir pengerjaan; antara 70-90 persen. Buat kategori parah kayak sasis patah, bisa aja dilakukan dengan cara penyambungan ulang lewat metode las. Tapi ya itu, pasti ada struktur material yang berubah. Intinya sih, ya enggak sampe 100 persen kayak kondisi perawan keluar dari pabrik. Oh ya, dari segi tarif yang diberlakukan, cukup realistis dan sebanding dengan tingkat pekerjaan yang dilakukan.
 
Daftar Bengkel Penyedia Jasa Press:
Anci Motor |Pres + Setel Jari-Jari | Telp: 0857-16439774
Aquatro Motor | Spesialis Pijat Sasis Motor | 0812-883-6016, 0812-868-7128
CV Jaya Bintang Kencana Bersama | Press sasis, cakram, komstir, pelek | Tlp. 021- 8719248/0815-14288537
CV Pressindo Teknik | Bubut, las babet, press dll | Telp.0813-16397179
Jov Motor Press – JBB |All about press | Telp.0812-1028828/92699387
Bintang JBB Pressindo | All about press | Telp.021-98290966

Note: Dirangkum Tim ME dari berbagai sumber       

Text: Tim ME,
Text editor: By-You (redaksi@motorexpertz.com),
Photo: Dok. ME | Berbagai sumber | Bi
  777 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !