Skutik Pasang Roda 17 Inci: Rp 1-1,5 Juta
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ANEKA TIPS
01
Jul
2014

Skutik Pasang Roda 17 Inci: Rp 1-1,5 Juta

  14735   0
Pelek jari-jari, banyak merek dan tipe yang ditawarkan
Pelek jari-jari, banyak merek dan tipe yang ditawarkan
Ban sebaiknya pakai profil yang tidak terlalu tipis dan kecil, karena menyangkut keselamatan
Ban sebaiknya pakai profil yang tidak terlalu tipis dan kecil, karena menyangkut keselamatan
Teromol depan-belakang perlu disesuaikan kebutuhan
Teromol depan-belakang perlu disesuaikan kebutuhan

Jakarta, ME. Dari lahirnya, skutik emang dibekalin roda ukuran 14 inci brad n sis. Tapi buat sebagian scooter expertiz, tampilan begitu bikin bosan. Makanya, banyak yang ganti ke ukuran 17. Alesannya, selain terlihat gaya, lincah, juga pilihan part pendukungnya banyak. Mau bikin gaya serupa? Part ini yang perlu elo siapin brad n sis..

Syah-syah aja skutik dipasangin roda ukuran 17 inci. ”Kebanyakan sih, demi ngejar tampilan lebih gaul aja!” kata Agus dari Tomson Matik Shop (TMS) di. Jl. Ciledug Raya, Komplek Ruko Puri Beta Gold Land No. 3, Larangan, Ciledug, Tangerang. “Oh ya, gaya ini diadaptasi dari Thailand alias Thailook!”  sambung Agus sembari nganjurin, sebaiknya profil ban jangan terlalu tipis, karena pertimbangannya buat kenyamanan dan keselamatan.

Nah, kalo mau adopsi aliran seperti itu, berikut ini part yang perlu disiapin:

Teromol Roda
Karena dua roda yang perlu diganti. Maka, brader n sista perlu dua teromol juga (depan-belakang). Pilihannya ada Comet, PKM, Combiz, Chikada dan lainnya. Banderol yang ditawarkan Rp 325-475 ribu. “Roda ukuran 17 rata-rata pake tipe jari-jari, jadi perlu teromol!” ungkap Agus.

Pelek Model Jari-Jari
Di pasaran juga tersedia beraneka merek. Misal TDR, CLD, Ride It, TK, Champ, Comet, DBS dan lainnya. Dijajakan mulai Rp 400–450 ribu, dengan ukuran lebar bervariasi pula, mulai 1,20- 160 inci. “Modelnya macem-macem plus warna-warni lo,”  info pria ramah ini.

Jari-jari
Ini part pendamping pelek. Di pasaran juga model, merek dan bentuknya berjibun. “Biasanya sih, yang diaplikasi ada  2 model; standar pabrik dan model stainless. Tipe pertama dijua Rp 20 ribu per paket (1 roda), sedang yang stainless Rp 40 ribu per paket (1 roda),” timpal Nur Arab, mekanik TMS.

Ban Luar
Pelek, teromol dan jari-jari udah. Tinggal beli ban luarnya, sesuaikan sama profil peleknya yah.   Variannya, ada Swallow, FDR, Comet dan masih banyak lagi. “Ditawarkan dengan banderol Rp 250–300 ribu sepasang,” ujar Herry, mekanik
Raja Motor Ciledug.

Ban Dalam
Karena ban luarnya bukan tipe tubeless, butuh ban dalam juga, Toh, harganya gak mahal kok brad n sis, di kisaran Rp 20-25 ribu, tergantung merek dan ukuran.

Pasang & Stel Pelek
Nah, langkah ini dipilih, setelah part pendukung roda lengkap semua. Tinggal bawa ke tukang pasang roda dan setel peleknya. Tarif buat masang dan nyetel jari-jari pelek sekitar  Rp 35-40 ribu buat sepasang roda.
 
Perkiraan Biaya Pasang Roda 17
Teromol Roda khusus matik: Rp 325–475 ribu, Pelek aluminium 17 inci: Rp 400– 450 ribu,
Jari-jari: @Rp 20–40 ribu (Rp 40–80 ribu), Ban luar: Rp 250–300 ribu, Ban dalam: Rp 20 – 25 ribu, Stel pelek: Rp 35 ribu/set, Total: Rp 1.045.000–1.345.000.
Thomson Matik Shop : 021-73456511, Raja Motor Ciledug    : 021-7303736


 

Text: Antono (redaksi@motorexpertz.com),
Text editor: By-you (redaksi@motorexpertz.com),
Photo: Antono
  680 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !