Spin Pakai Karbu FU, Tarikan Jozz?
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REKOMEN
01
Jul
2014

Spin Pakai Karbu FU, Tarikan Jozz?

  124976   4
Karbu Spin (kiri) dan Karbu FU venturinya sama
Karbu Spin (kiri) dan Karbu FU venturinya sama
Spuyer Spin lebih kecil dari punya FU
Spuyer Spin lebih kecil dari punya FU

JAKARTA, ME. Bradsis.. ME denger nih, kabarnya Suzuki Spin kalo pake karburator Satria FU makin jozz. Selain di bawahnya galak, di atas juga nendang. Bujuggg.. ini karburator apa jawara? Hehehe.. Yah, pokoknya banyak dah, motorexpertiz yang pada pakai pengabut ‘bebek super’ itu. “Gue sih, ngerasa lebih ngisi aja tenaganya!” aku Yogi yang pake Spin keluaran 2007. Gimana menurut yang laen?
 

Venturinya Sama

Gak aneh sih, kalo karbunya FU dipasangin di Spin. Selain emang satu pabrikan, bebek berkapasitas 150 cc itu emang diakuin punya tenaga yang mantep banget. Selain itu, setelah dilihat-lihat, karbu kedua motor itu emang sama. Yakni sama-sama tipe vakum dan lobang venturinya juga 26 mm,”  kata brader Rudi  yang jadi kuncennya Ruds Motor.

Hanya saja, menurut mekanik berpengalaman puluhan tahun ini, diameter skep dan diameter bagian dalam venturi, serta spuyer yang beda.   “Karena kapasitas FU 150 cc, justru lebih besar ukurannya dibanding Spin!” sambung pria berbadan atletis ini sembari bilang, dengan ukuran lebih besar itu, memicu proses pembakaran jadi lebih sempurna. “Kan pasokan bahan bakar dan udara lebih maksimal!” tambah pria yang buka bengkel di kawasan Kebon Jeruk III, Jakarta Kota.

Meski begitu, kata mekanik yang pernah ikutan tim balap di era 2000-an ini bilang, untuk memasang karbu FU di Spin ada beberapa hal perlu diperhatikan. Misal, baut penyetel kabel karburator milik FU harus dipendekin, kira-kira 2 drat, lah. Kabel gasnya juga harus disesuaikan, dipenggal sekitar 3,5 cm. “Jadi, biar pas antara kabel gas dengan karburator, enggak kepanjangan!” ucap lelaki ramah ini.

Penasaran, ME pun meminta bantuan Rudi untuk meminjamkan motor milik konsumennya yang sudah dipasangin karburator FU. Lalu, tim tester ME memintanya untuk ngetes. Syukurnya dengan senang hati, Yogi ngasih pinjaman. Motor itu diukur dengan alat dyno untuk mengetahui, seberapa pengaruhnya perubahan yang terjadi. Baik power dan torsinya.

Lalu, apa yang terjadi? Ternyata benar, karbu FU memang mampu mengoreksi dua poin yang diukur tadi. Baik tenaga dan torsi berubah lebih meningkat. Apalagi setelah spuyernya juga diganti yang lebih kecil. Yakni, main jetnya ukuran 95 agar pasokan bensin tidak terlalu kaya.  

Spuyer Spin: 97,5 (Main jet) dan 15 (pilot jet)
Spuyer FU  : 110 (main jet) dan 12,5 (pilot jet)
Venturi luar: 26 mm (Spin) dan 26 mm (FU)    
Venturi dalam: 21,5 mm (Spin) dan 24,5 mm (FU)
Skep: 21,5  (Spin) dan 24,5 (FU)

Hasil Pengujian
Tenaga: 7,16 dk/6.400 rpm (Karbu Standar Spin) jadi 7,65 dk/6.500 rpm (Karbu FU)
Torsi: 7,81 Nm/6.400 rpm  (Karbu Standar Spin) jadi 8,35 Nm/6.500 rpm (Karbu FU)

 

Text: Antono (redaksi@motorexpertz.com),
Text editor: By-you (redaksi@motorexpertz.com),
Photo: Antono
  1074 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Guest
Kalau di pakai di skywave 125 NR bisa gga gan?
Guest
Kalau cara pemasangan nya sama aja apa ada tambahan yg lain nya
Guest
Priligy Durchfall Cheap Cialis Generic Cialis Ohne Rezept Hannover Generic Progesterone Discount Direct Free Doctor Consultation Stirling Sildenafil Generic Viagra India Kamagra Uk Viagra compare viagra to cialis and levitra Trazadone Free Shipping Geniune Accutane Cialis Order Effects Of Alcohol On Amoxicillin Tadalafil 20 Mg Softgel Cialis Online Buy Buy Cialis Online Pharmacy Buy Rodoxycycline Online Cheap Cialis Where To Buy Cialis Online Are Amoxicillin And Ciprofloxacin Generic Sildenafil Amoxicillin West Wellbutrin Over The Counter Comparison Cialis Usa Tamiflu Interaction With Amoxicillin Dapoxetina Depressione Levitra Lowest Price Cialis Online Postepay Zithromax Order Canada Cialis Cost Buy Levothyroxine 125 Mcg Prix Cialis En Espagne donde comprar levitra en america Where To Buy Methotrexate Canada Rx 24 Buy Viagra Online Propecia Risultati Propecia Efectos Low Cost Kamagra Online Cialis Avis Utilisateur Kaufen Viagra 100mg Levitra Brand Online How Do Cialis Chewable Tablets Work Fedex Bentyl Shop Price Dapoxetine Drug Will Amoxicillin Hurt Pets Levitra Periodo Refrattario Buy Levitra Now Buy. Amytryptline Viagra 25mg Filmtabletten Fast Delivery Viagra Keflex Dosages For Uti Buying Viagra Overseas Order Buy Isotretinoin Belize Pharmacy At Port Ic Cephalexin Drug Info Cialis On Line Propecia Dht Can I Purchase Acticin 30gm Online Low Price Accutane Products Does Zithromax Cure Chlamydia Bien Hora Para Tomar Propecia Levitra Pills Que Es Viagra Soft Viagra Super Active Generi Cialis Online Prices Viagra Kamagra Bestellen Awc Canadian Pharmacy Mall viagra cialis No Prescription Prednisone Buying Cialis Order Viagra On Line Candida Pharmacy Viagra Pfizer 100mg Cheapest Levitra Farmacias Viagra Propecia Buy Safe Cialis Buy Online Cialis Acquisto Kamagra Metz How To Get Astelin Nasal Spray Levitra Tablets Secure Clobetasol Psoriasis Medicine Low Price The Wrekin Normal Dosage For Amoxicillin Kamagra Sildenafil Macrobid Tablets Medication Cash Delivery Online Amagra 50 Mg Priligy Country Usa Viagra Economico Online Amoxicillin Dry Throat Order Priligy Dapoxetine Comparatif Cialis Viagra What Do You Take Cephalexin For Compra Viagra Online Kamagra Online Prescription Comprar Cialis Y Viagra Levitra Buying Viagra 100 Mg Forum Levitra Effetti Collaterali Cialis Pills Amoxicilline Spermatozoides Viagra Generico In Svizzera Kamagra Online Kamagra Brighton Buy Levitra Forum Get Cheap Cialis Online Comprar Cialis Original En Espana Cheap Generic Viagra Uk viagra Levitra Stomaco Pieno O Vuoto Cephalexin Soap Cheap Cialis Tablets India Kamagra Buy Single Viagra Pills Uk 369 Levitra Buy Us Prix Levitra Pfizer Pharmacie Mantadix Vente En Ligne Mail Order Cialis The Healthy Man Viagra Clomid Masculine Purchase Cheap Kamagra Prescription Cialis Cialis Online Buy cialis Kamagra Oral Jelly Effet Secondaire Nitostat Without Rx Viagra Online Online Kamagra Any Good Can You Take Benadryl And Amoxicillin Levitra Order Propecia 08
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !