Kompresi Besar: Jangan Asal Pake Piston Gede
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
10
Jul
2014

Kompresi Besar: Jangan Asal Pake Piston Gede

  20555   0
Piston kit banyak dijual speed shop dengan beragam ukuran
Piston kit banyak dijual speed shop dengan beragam ukuran
Produk CLD sudah teruji dan punya banyak ukuran
Produk CLD sudah teruji dan punya banyak ukuran
CLD Racing menyediakan untuk semua motor
CLD Racing menyediakan untuk semua motor

Jakarta, ME. Gak sedikit emang, motorexpertiz yang pengen besutannya lebih bertenaga lewat metode; aplikasi piston gede. Tujuannya, biar kompresi meningkat, kapasitas mesin juga membengkak. Cara itu sih, syah-syah aja dipilih, bradsis. Tapi hati-hati juga waktu aplikasi seher 'gambot'. Karena salah comot, ujung-ujungnya, besutan malah 'bubar'. Nah loo...

Jangan Asal Comot

Balik ke soal topik pemakaian piston berdiameter lebih gede dari standarnya, belakangan ini emang banyak banget paket ditawarkan speed shop. Yoi... paket bore-up (berikut piston, silinder dan headnya) atau sistem peretelan, dari pistonnya sendiri, head atau malah silindernya dijual terpisah. 

Soal  harga? Nahhh... ini yang suka bikin motorexpertiz gegabah. Perkara lihat banderol lebih murah, maen bayarin aja. Padahal belom tau kualitas dan kemampuan produk itu. Ujung-ujungnya, begitu dipasang di besutan, eh malah ngasih bonus masalah baru tuh, buat kita. Efeknya, budget belanja jadi makin membengkak. Repot kan?

Hal konyol ini pernah dialamin brader  Muhammad Soleh. Lihat banderol piston 58-an dijual murah, doi nepsong dan langsung beli. Efeknya bisa ditebak, begitu dipasang di Yamaha Vega New 2008-nya yang emang udah diupgrade, eh tuh motor malah ngadat bin mogok. Pistonnya yang baru dibeli, jebol cuiii....

"Yoi, gara-gara gue terpincut sama harga murahnya, beli piston 'abal-abal'. Eh, baru 3 kali geber doang, udah jebol itu piston," sesal brader yang KTP-nya tertulis sebagai warga Tangerang, Banten ini sembari bilang kapok dah, beli jeroan mesin yang harganya kelewat murah.  

Nahh... ogah kan bradsis, ngalamin nasib kayak brader yang biasa disapa Opang ini? Makanya, jangan asal-asalan pilih spare-part aftermarket. Apalagi kalo itu berhubungan sama peranti jeroan mesin, bradsis. Pastiin produk yang mau dibeli itu berkualitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Banyak kok, produk-produk brand lokal yang mutunya udah terjamin. Sebut aja, ada CLD Racing, Kawahara dan lainnya. Toh, dari harga masih terbilang realistis, kok bradsis. 

Oh ya, parameter paling gampang buat memastikan itu produk ada mutunya atau tidak? Bisa dilihat di arena balapan lokal, baik itu motoprix, indoprix atau ajang balap lainnya. "Testimoni pengguna, terutama dari anak-anak motor yang sering ikutan balap, itu penting juga, bradsis!" wanti brader Hasan Basri, mekanik Hasan Motor di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.   

Buat patokan juga nih, bradsis. Piston yang memang bisa diandalkan, khususnya kalo kita ngomongin soal kualitas material, tentu gak akan dijual murah meriah atau di bawah harga pasaran. Apalagi kalo sampe setengah dari banderol umum. Perlu dicurigain tuh, bradsis.  "Umumnya sih, piston racing 58-an ada di angka Rp 350 ribuan sampai Rp 1 jutaan juga ada. Tapi itu tergantung peruntukkan motornya juga, yah!" tutup Hasan.

So, tetep kritis bradsis!

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: By-you (redaksi@motorexpertz.com),
Photo: Dok. ME | kaskus
  496 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !