Insiden Denny Triyugo, Kok Salahin Helm Lokal?
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
11
Ags
2014

Insiden Denny Triyugo, Kok Salahin Helm Lokal?

  28981   0
Doa Bersama Untuk Denny Triyugo
Doa Bersama Untuk Denny Triyugo
Doa Bersama Untuk Denny Triyugo
Doa Bersama Untuk Denny Triyugo

JAKARTA, ME. Berita tentang tewasnya Denny Triyugo (Honda Astra Racing Team) menyisakan beberapa pertanyaan yang sulit dijawab, bradsis. Salah satunya adalah tentang kualitas penggunaan helm lokal saat kecelakaan terjadi. Walau bagaimanapun, ini adalah musibah. Pihak produsen helm pun gak bisa disalahkan, karena produksinya telah melalui beberapa tahap dan sudah berstandar internasional.

Denny mengalami kecelakaan saat melakukan Free Practice (FP) 2, Sabtu (9/8) di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, saat mengikuti ajang Indoprix 2014 seri ke-3, bradsis. Berusaha menembus kecepatan penuh, pada tikungan ke-7 Denny terjatuh dengan kepala terbentur aspal sirkuit.

Saat kecelakaan, pembalap kelahiran 26 September 1988 ini langsung tidak sadarkan diri dan cepat dilarikan ke RS Pertamedika, Sentul. Diagnosa dokter menemukan gumpalan darah ada pada otaknya, dan sempat dilakukan operasi kepala untuk mengeluarkan gumpalan darah tersebut. Meskipun operasi yang dilakukan dokter berhasil, Minggu (10/8), pukul 04.25 WIB, Denny menghembuskan nafas terakhirnya.

Melihat kronologis tewasnya pembalap HART, tidak bisa juga kita serta merta menyalahkan produsen helm lokal. Toh, helm yang dipakai almarhum juga masih utuh, hanya berbekas goresan aspal. Wajar sih jika menyalahkan helm, karena saat balap Suzuka 4 Hour di Jepang, Denny menggunakan helm yang berbeda (buatan luar).

Tapi jika flashback lagi performa Denny di beberapa ajang balap yang terakhir dia ikuti, pembalap asal Probolinggo ini memang sering mengalami crash demi menembus batas kecepatan maksimal. Seperti saat di Suzuka 4 Hour Endurance, juga IRS 2014 seri ke-2 dengan Honda CBR600R. Bahkan, saat latihan bebas Indoprix 2014, Jumat (8/8), doi juga sempat terjatuh.

Kemungkinan saat jatuh di lintasan balap, Denny Triyugo tidak merasakannya, sehingga mengakibatkan trauma hebat di kepala yang mengakibatkan pendarahan otak, dan saat FP2 IP2 (110cc), Sabtu (9/8) kemarin, crash tersebut yang membuat nyawanya tidak tertolong lagi.

Jangankan ajang balap lokal, balapan berskala internasional seperti MotoGP juga pernah terjadi insiden naas yang merenggut nyawa Marco Simoncelli. Pembalap asal Italia ini mengalami crash dan helmnya langsung terlepas dari kepalanya. Simoncelli memakai helm AGV yang jelas-jelas sudah teruji kualitasnya, tapi investigasi tetap dilakukan pada helm tersebut.

Bagaimanapun kronologisnya, mari kita panjatkan doa untuk pembalap nasional kita ini, bradsis. Agar ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya dan diterima amal ibadahnya. Amin.

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Ichsan
  727 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !