Ritual Saat Isi Bensin, Siapa Yang Udah Praktekkin?
covid-19-ME
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-REVIEW
23
Ags
2014

Ritual Saat Isi Bensin, Siapa Yang Udah Praktekkin?

  38260   0
Kebiasan Motorexpertiz Saat Isi Bensin di SPBU
Kebiasan Motorexpertiz Saat Isi Bensin di SPBU
Isi Bensin Sebaiknya Jangan Siang Hari
Isi Bensin Sebaiknya Jangan Siang Hari

Banten ME. Ngisi bensin? Ah, semua motorexpertiz juga tau. Sepele, tinggal bawa besutan ke pompa bensin atau SPBU, bayar, beres! Itu emang betul, bradsis. Tapi di kalangan motorexpertiz, saat isi bensin ada ritualnya juga, tuh. Meski gak baku, tapi teknik ini ada juga yang ngikutin. Karena punya banyak manfaat dan keuntungan. Benarkah? Apa pula keuntungannya? Simak dulu yukk..

Kayak disenggol-senggol di atas, ngisiin bahan bakar ke tunggangan kesayangan emang guampanggg banget, bradsis. Toh, buat yang punya motor, tiap hari mungkin sering melakukan hal itu. Cuma ya itu, ada beberapa hal 'aturan' dan alasannya juga. Nah, di bawah ini, ada beberapa 'kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan motorexpertiz  saat isi bensin, hasil rangkuman tim ME di lapangan. Setuju atau tidak, balik lagi ke elo semua, bradsis. 

 1. Waktu pengisian bensin atau BBM, sebaiknya dilakukan saat suhu dingin. Kenapa? Alasannya, karena akan bikin bensin jadi lebih padat, maka pilihlah waktu sore atau malam hari. Tetapi jika pengisian pada pagi atau siang hari yang suhunya panas, itu membuat bensin lebih cepat menguap.

2. Dianjurin isi bensin saat tangki masih setengah, jangan sampai menunggu rest, apalagi kosong. Alesannya, karena bensin akan mudah menguap dalam ruangan kosong.

3.  Saat ngisi bensin, akan lebih baik kalo nozelnya diseting dulu, tekanannya jangan kenceng-kenceng, alias dibikin slow. Alesannya, biar bensin keluarnya juga perlahan, sehingga meminimalkan gas bensin cepat menguap dan enggak luber juga, bradsis. Syaratnya, si operator juga mau diminta nyetel nozel, hehehe.. Kalo antreannya lagi dikit, mungkin mau kali ya bradsis, tapi kalo lagi panjang, trus disuruh nyetel dulu nozel, jangan-jangan si operator bete.  

4.  Minta si operator atau petugas untuk melepaskan tangan dari nozel saat pengisian. Argumennya, karena itu emang  merupakan SOP dari setiap karyawan SPBU agar kita bisa tau bahwa SPBU tersebut benar-benar sesuai slogannya "Pasti PAS"

5. Jangan melakukan pengisian bensin saat truk bensin sedang mengisi di tempat penyimpanan. Alesannya, karena kotoran yang mengendap pada tempat penyimpanan akan teraduk dan menyelinap masuk ke dalam kendaraan ente, bradsis.

Gimana bradsis, menurut loe?

Text: Arbi ,
Text editor: By-You (redaksi@motorexpertz.com),
Photo: Arbi
  773 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (36)
B. Yamaha WR 250 R (53)
C. Viar Cross X 250 SE (47)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !