Dengan Michellin, Honda Was-Was Pembuncitan Dana
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
24
Ags
2014

Dengan Michellin, Honda Was-Was Pembuncitan Dana

  4093   0
"Kami sudah banyak waktu dengan memahami ban Bridgestone"

SPANYOL, ME. MotoGP musim 2016 yang akan datang, Dorna Sport mengubah regulasi semua sistem balap. Terutamanya dengan penggunaan ban bermerek Michellin buat semua tim. Tapi, Honda beranggapan, penggantian pemasok ban bakal menghabiskan dana lebih.

Semua pabrikan bakal punya tugas berat di awal musim 2016, bradsis. Pasalnya, setelah Bridgestone memilih untuk mundur sebagai pemasok ban tunggal di akhir musim depan, tim-tim harus beradaptasi dengan ban Michellin.

HRC (Honda Racing Corporation) punya pengalaman soal pengeluaran dana dan waktu untuk proses pengembangan motor yang sesuai dengan ban, setelah pencopotan ban Michellin di tahun 2008 lalu dan bergabung dengan Bridgestone.

Selaku wakil Presiden HRC, Shuhei Nakamoto, merasa transisi ini cukup berat dan menurutnya membutuhkan biaya cukup mahal, untuk membuat motor cocok dengan sepasang ban dari Michellin di tahun 2016.

“Kami sudah banyak waktu dengan memahami ban Bridgestone dan mencoba banyak Frame, swing arm, dan geometri untuk mencocokkan dengan ban,” ungkap pria asal Jepang itu.

“Dengan beralih ke merek ban lain, berarti kita sekarang akan kembali menguji semua komponen dan ini adalah pekerjaan besar dan membutuhkan anggaran besar. Padahal, kami masih mempelajari ban Bridgestone, terutama jika ada perubahan konstruksi,” terangnya.

Penilaiannya dengan ban Bridgstone, Honda bisa beradaptasi hingga 80% dan bisa mengalahkan Yamaha. Maka, menarik dari kesimpulannya, Honda pun butuh 70-75% pemahaman dengan pabrikan ban asal Prancis itu, agar bisa mengalahkan sang kompetitor.

“Saya pikir kita mengerti 80% dari kinerja ban Bridgestone. Pada 70% pemahaman saya, saya pikir kita bisa bersaing dengan Yamaha, tetapi jika hanya 50% kita tidak bisa mengalahkan Yamaha,” ujar Nakamoto.

“Dan itu hasilnya kita mulai sekarang akan berubah, meskipun Marc Marquez adalah pembalap terbaik. Jika kami dapat memahami ban sekitar 70% di tahun 2016, kami akan merasa senang,” tandas seperti yang dikutip dari MCN.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Photo: motorcyclenew.com
  185 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !