Sasis Baru M1 Udah Cocok, Yamaha Tunggu Apa Lagi?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
26
Ags
2014

Sasis Baru M1 Udah Cocok, Yamaha Tunggu Apa Lagi?

  23193   0
Sasis Baru M1 Udah Cocok, Yamaha Tunggu Apa Lagi?
Sasis Baru M1 Udah Cocok, Yamaha Tunggu Apa Lagi?

BRNO, ME. Beberapa hari yang lalu, para pembalap udah mengikuti sesi tes di sirkuit Brno, Republik Ceko. Salah satunya Yamaha yang juga mengetes sasis baru mereka, bradsis. Sasis ini dinilai cocok dengan riding style Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Sayangnya, belum jelas bisa dipakai musim ini atau tidak..
 
Rossi dan Lorenzo udah menilai sasis terbaru untuk YZR-M1 mereka. Menurut mereka, sasis ini jauh lebih baik dibanding sasis mereka yang sekarang, bradsis. Emang masih tahap uji coba, ada kelebihan dan kekurangannya. Maka itu, Yamaha belum berani untuk nurunin sasis ini dalam waktu dekat.
 
Sasis ini ngasih kestabilan lebih saat pengereman dan juga saat masuk tikungan. Dua faktor ini yang bikin Yamaha kalah dari Honda belakangan ini. Padahal, justru dua faktor ini yang jadi keunggulan dari kedua pembalap mereka, bradsis.
 
Rossi terkenal kuat dan jago saat hard braking. Lorenzo sendiri lebih suka high speed cornering. Sayangnya, kelebihan mereka ini gak bisa dioptimalin dengan M1 yang sekarang. Justru Honda yang sekarang ini lebih unggul di kedua faktor tersebut.
 
"Saya tidak tahu apakah mungkin sasis ini bisa dipakai musim ini. Kami belum bicara dengan Yamaha. Tapi jika memungkinkan, saya ingin segera menggunakannya. Ada peningkatan saat pengereman dan masuk tikungan, jadi lebih stabil. Tapi saya rasa akselerasinya sedikit menurun, kami hanya tinggal mencari keseimbangan yang tepat," terang Rossi.
 
Lorenzo pun sepakat dengan pendapat Rossi. "Sasis terbaru ini lebih mampu menyerap permukaan yang tidak rata dan membuat saya lebih cepat. Tapi Yamaha mengatakan akan sulit untuk bisa menggunakannya musim ini, karena mereka harus mengeceknya kembali," jelas Lorenzo.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: yamahamotogp.com
  641 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !