Urusan Mental Nomor Dua, yang Penting Motornya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
29
Ags
2014

Urusan Mental Nomor Dua, yang Penting Motornya

  12320   0
Urusan Mental Nomor Dua, yang Penting Motornya
Urusan Mental Nomor Dua, yang Penting Motornya
Urusan Mental Nomor Dua, yang Penting Motornya
Urusan Mental Nomor Dua, yang Penting Motornya

SILVERSTONE, ME. Marc Marquez berhasil mendominasi kemenangan di 10 seri pertama MotoGP 2014. Bahkan, hampir di tiap serinya juga Marquez mendominasi hampir di setiap sesi, bradsis. Lantas, apakah mental pembalap lain jadi turun ngelihat Marquez?
 
Tampaknya hal tersebut terbantahkan dengan jelas, bradsis. Dengan mendominasinya Marquez, hampir semua pembalap di kelas premier ini jadi makin termotivasi untuk bisa ngalahin pembalap muda asal Spanyol ini.
 
Ada banyak contohnya, bisa dilihat Aleix Espargaro dan Dani Pedrosa. Aleix Espargaro yang mengendarai FTR-M1 di kategori Open merupakan pembalap pertama yang berhasil mematahkan dominasi Marquez merebut pole position. Pedrosa juga yang mematahkan dominasi kemenangan Marquez berturut-turut dari awal seri musim ini.
 
Valentino Rossi yang merupakan pembalap tertua saat ini di MotoGP, yang jelas paling kawakan juga di antara yang lainnya, pun membantah pernyataan tersebut. Bahwa menurutnya, urusan mental itu bukan jadi yang utama, tapi motorlah yang diutamakan.
 
"Di masa lalu, ketika saya memenangi banyak seri, banyak orang bilang bahwa saya mendominasi secara psikologis atau dengan kata lain memberikan efek kepada pembalap lain. Tapi bagi saya, ini seperti sepak bola, hal paling penting adalah kecepatan. Jika Anda menjadi yang tercepat di trek, Anda akan kuat secara mental. Tapi jika Anda kuat secara mental, namun motor tidak begitu kencang, maka percuma saja," ujar Rossi.
 
Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sikap para pembalap di kelas MotoGP ini, bradsis. Terpenting adalah jangan pernah menyerah. Orang yang sukses terus menerus pun suatu saat akan jatuh. Seperti kata pepatah, "Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh ke tanah jua."

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  428 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !