Semua Yamaha Senasib, Bridgestone Salah Bawa Ban
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
30
Ags
2014

Semua Yamaha Senasib, Bridgestone Salah Bawa Ban

  13848   0
Semua Yamaha Senasib, Bridgestone Salah Bawa Ban
Semua Yamaha Senasib, Bridgestone Salah Bawa Ban

SILVERSTONE, ME. Hari pertama (29/8) seri keduabelas MotoGP 2014 di sirkuit Silverstone, Inggris, jadi hari yang melelahkan dan mengecewakan untuk para pembalap Yamaha. Menurut Jorge Lorenzo, Bridgestone salah bawa ban ke sirkuit ini, bradsis..
 
"Kami hanya punya satu masalah, sepertinya Bridgestone membawa ban yang sama seperti yang kami gunakan di awal-awal seri, karena masalah yang kami hadapi persis sama," ungkap Lorenzo.
 
"Kami tidak punya grip yang cukup untuk menghentikan motor, tidak ada grip di tengah-tengah tikungan, dan tidak ada traksi. Jadi, kami selalu merasakan spin di bagian belakang, masalah ini juga berdampak pada bagian depan," jelas Lorenzo.
 
Gak dapat cukup grip pada ban belakang itu berarti motor juga jadi susah diajak ngerebah, gak seimbang jadinya, bradsis. Gara-gara spin, jadinya gak bisa terlalu ngerebah, itu berarti kecepatan motor saat masuk tikungan juga harus lebih lambat dari normalnya.
 
Dilihat dari catatan waktu, tampaknya semua pembalap Yamaha ngerasain masalah yang sama. Cuma Bradley Smith doang yang bisa masuk lima besar pembalap tercepat. Itupun karena Smith mengganti dengan ban yang baru saat akhir-akhir sesi Free Practice. Sedangkan Lorenzo dan yang lainnya, tetap mempertahankan satu ban.
 
"Jika saya memakai ban yang baru, mungkin bisa setengah detik lebih cepat. Tapi saya tidak melakukannya, saya menggunakan ban belakang yang sama sepanjang sesi latihan," ujar Lorenzo.
 
Menurut Ramon Forcada, kepala mekanik timnya Lorenzo, ban Bridgestone yang ini punya konstruksi yang berbeda, bradsis. Alasan Bridgestone ngasih ban dengan konstruksi yang lebih kaku adalah karena pada tahun lalu, beberapa pembalap ada yang bannya rusak. Bukan terkikis lagi, tapi tercungkil sebagian.
 
"Sekarang ini susah untuk bersaing dengan Marc Marquez yang membalap dengan sangat baik, sangat kuat, dan juga motornya tidak mengalami masalah dengan ban belakang seperti yang Yamaha alami. Kami berharap, kami berdoa agar semua masalah bisa diselesaikan," tukas Lorenzo.
 
Ayo bradsis, doain juga jagoannya untuk balapan nanti..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: yamahamotogp.com
  585 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !