Bukan Cuma Buat Gaya, Jangan Lupa Fungsi Utamanya
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
KNOWLEDGE
05
Sep
2014

Bukan Cuma Buat Gaya, Jangan Lupa Fungsi Utamanya

  11836   3
sarung tangan sarung tangan sebagai safety riding dan fashion
sarung tangan sarung tangan sebagai safety riding dan fashion
sarung tangan sebagai safety riding dan fashion
sarung tangan sebagai safety riding dan fashion

JAKARTA, ME. Perlengkapan berkendara apa aja nih yang bradsis gunakan saat berkendara? Helm sudah pasti dong, jaket juga iya, daripada masuk angin. Sepatu sih tergantung jarak yaa. Terus kalo sarung tangan gimana? Seharusnya sih perlengkapan yang satu ini selalu digunakan saat berkendara..

Sarung tangan, menurut Aziz pemilik Dadu 9 Omah Bikers yang terletak di daerah Tambun Selatan, "Sarung tangan itu menjadi perlengkapan keselamatan yang penting untuk semua pengendara motor, karena gerak refleks seseorang menggunakan tangan untuk melindungi bagian depan tubuh jika terjadi kecelakaan. Selain itu, untuk melindungi sengatan matahari dan juga sebagai tampilan fashion saat berkendara."

Ternyata penting toh, bradsis. Nah, kalo begitu ME sajiin nih tips memilih sarung tangan saat berkendara. Ada tiga hal yang harus bradsis perhatikan, yaitu:

1. Kenyamanan
Sebagian besar sarung tangan terbuat dari kulit asli maupun imitasi. Tapi ada juga yang terbuat dari kain, polyester, nylon, atau bahkan kevlar. Saat ini, udah banyak sarung tangan yang terbuat dari bahan yang berventilasi atau berpori, sehingga tangan tidak berkeringat. Ada juga sarung tangan yang dilapisi bahan anti air, sehingga tetap kering jika bradsis harus berkendara dalam keadaan hujan.

Dalam membeli sarung tangan, perhatikan jahitannya juga, bradsis. Pilih yang jahitannya di luar, sarung tangan dengan jahitan di dalam tidak nyaman digunakan karena akan bergesekan dengan permukaan kulit saat digunakan. Tentu hal ini tidak akan menyenangkan setelah bradsis berkendara cukup lama. Sarung tangan yang dijahit dan dibentuk dengan bagus bisa dilihat dari bentuknya yang terlihat seperti posisi tangan memegang stang motor, meski tidak sedang digunakan.

2. Perlindungan Optimal
Karena sarung tangan berfungsi sebagai perlengkapan keselamatan, bradsis sebaiknya memilih sarung tangan yang bisa memberikan perlindungan optimal. Sarung tangan tersebut bisa melindungi tangan dari luka gores atau lebam akibat terkena kerikil, serangga, atau benda-benda lainnya yang bisa melayang mengenai tangan saat sedang melaju di atas motor.

Pemilihan sarung tangan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan. Jika bradsis melakukan perjalanan jauh atau mengikuti touring, sarung tangan dengan bantalan pelindung sebaiknya jadi pilihan.

3. Tidak Mengganggu Saat Berkendara
Pastikan jari-jari tangan bisa bergerak dengan bebas. Bradsis harus bisa memegang stang dengan nyaman dan meraih tuas rem dan kopling dengan mudah. Oleh karena itu, bradsis harus menemukan sarung tangan yang pas. Jangan membeli sarung tangan yang kekecilan karena setelah mengendarai motor selama beberapa jam, tangan akan terasa sakit dan pegal.

Kalo untuk harga, cukuo bervariasi, bradsis. Sarung tangan di Dadu 9 Omah Bikers dibanderol mulai dari Rp 55 - 200 ribu. Cukup terjangkau tuh untuk perlengkapan keselamatan berkendara, bradsis.

Text: arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: arbi
  323 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
berapaan minnnnn...
Guest
Miminnya gagu bro, gak bakal dijawab. Ngenes :D
Guest
udah dibaca blm? baru nanya bro, ada tuh harganya
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !